Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Tahun Baru. Ini Penjelasan Kasatlantas Balikpapan

0
482

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin 31 Desember 2018 dan Selasa 01 Januari 2019 akan libur selama 2 hari alias tutup.

Pelayanan pembuatan SIM ini akan dibuka kembali seperti biasa setelah perayaan tahun baru tepatnya pada Rabu 2 Januari 2019.

Kasatlantas Polres Balikpapan AKP Noodhianto mengatakan, terkait pergantian tahun 2018 ke 2019, untuk unit pelayanan SIM Satlantas Polres Balikpapan sudah ada arahan dan petunjuk dari pusat berupa telegram tentang pelayanan SIM.

“Arahan dan petunjuk itu adalah masyarakat yang memiliki SIM dan masa berlakunya habis pada 31 Desember 2018 dan 1 Januari 2019, diberi toleransi waktu pengurusan perpanjangan SIM sampai 9 Januari 2019,” kata Noodhianto, saat ditemui media ini di Satlantas Polres Balikpapan, Senin (31/12/2018).

Jadi, ujar Nurdianto, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis di tanggal tersebut tidak perlu khawatir untuk melakukan perpanjangan karena pelayanan tersebut diberikan toleransi hingga waktu yang telah ditentukan.

Dia menambahkan, jika pada waktu yang sudah ditentukan itu yakni pada 9 Januari 2019 tidak juga diurus masa berlaku SIM-nya maka akan diberlakukan ketentuan pembuatan SIM baru.

“Ya kalau sudah diberi toleransi waktu tetapi tidak dimanfaatkan hingga tanggal 9 Januari 2019, maka masyarakat yang SIM habis masa berlakunya di tanggal yang sudah tentukan akan diberlakukan ketentuan pembuatan SIM baru,” terangnya.

Toleransi tersebut, tambah Nurdianto, dikarenakan pada 31 Desember dan 1 Januari 2019, pihak bank sedang melakukan kegiatan tutup buku hingga pelayanan transaksi di pelayanan pembuatan SIM di Satlantas Polres akan ditiadakan alias libur.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan, khususnya warga yang SIM masa berlakunya habis pada waktu yang sudah disebutkan itu tidak perlu khawatir dan silakan mengurus perpanjangan SIM-nya hingga sampai tanggal 9 Januari 2019,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here