Mantan Wadanjen Kopassus Jabat Kasdam VI/Mulawarman

0
713

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) VI/Mulawarman secara resmi telah berganti melalui pelaksanaan serah terima jabatan yang dipimpin langsung Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

Pelaksanaan serah terima jabatan ditandai pengambilan sumpah jabatan dan penandatangan pakta integritas yang dilakukan di Aula Makodam VI/Mulawarman Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (08/01/2019) pukul 08.00 Wita.

Kasdam lama VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso secara resmi menyerahkan jabatannya kepada Brigadir Jenderal TNI Richard Taruli Horjat Tampubolon sebagai Kasdam baru,
selanjutnya Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mendapat kehormatan promosi jabatan sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpusenif).

Jabatan yang diemban oleh Brigjen TNI Richard Taruli Horjat Tampubolon sebelumnya adalah Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus.

Bagi jenderal bintang satu ini, Kodam VI/Mulawarman bukan wilayah asing karena pada 2015 hingga 2016 pernah mengemban amanah sebagai Danrindam VI/Mulawarman.

Sebelum prosesi serah terima jabatan, Brigjen TNI Richard Taruli Horjat Tampubolon disambut tradisi penerimaan di depan halaman Makodam VI/Mulawarman yang diawali dengan penghormatan hormat berjajar saat pertama kali melintas di Makodam VI/Mulawarman selaku Kasdam nantinya.

Disambut oleh ratusan anggota Makodam VI/Mulawarman yang berjajar diiringi nyanyian yang penuh semangat menyambut kedatangan Brigjen TNI Richard Taruli Horjat Tampubolon menjadikan suasana semakin meriah dalam rangkaian tradisi penerimaan Kasdam yang merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan sebagai bagian dari penghormatan kepada orang ke dua di Makodam VI/Mulawarman.

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, pergantian pejabat Kasdam VI/Mulawarman ini dilakukan sebagai regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AD karena Kasdam saat ini dijabat oleh Brigjen TNI Richard T.H Tampubolon yang merupakan alumni Akademi Militer tahun 1992 sebagai bagian dari pembinaan karir prajurit guna menjaga agar organisasi Kodam VI/Mulawarman semakin mampu menghadapi perkembangan dan perubahan lingkungan strategis serta tuntutan dan tantangan yang semakin kompleks dan dinamis.

“Pergantian pejabat Kodam VI/Mulawarman ini adalah hal yang biasa sebagai bagian dari pembinaan karier prajurit guna menjaga organisasi Kodam VI/Mulawarman semakin mampu menghadapi perkembangan zaman,” kata Subiyanto.

Rangkaian tradisi satuan dalam pelaksanaan serahterima jabatan Kasdam VI/Mulawarman memiliki nilai kebersamaan, kekeluargaan, persatuan, kesatuan untuk menjalin dan memperkokoh tali silaturahmi serta hubungan kekeluargaan sehingga mempermudah koordinasi dalam melaksanakan tugas ke depan.

Sebagai orang ke dua di lingkungan Kodam VI/Mulawarman, Kasdam akan membantu Pangdam membangun dan mewujudkan peningkatan, profesionalitas, produktifitas, transparansi dan akuntabilitas kinerja unit organisasi Kodam VI/Mulawarman guna pencapaian hasil yang optimal dalam menjalankan organisasi Kodam VI/Mulawarman.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here