Odang Desak Pemkot Segera Bayarkan Ganti Rugi Lahan Stadion

0
232

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Anggaran sebesar Rp 5 miliar yang disiapkan Pemkot Balikpapan untuk pembayaran ganti rugi lahan warga yang terkena pembangunan Stadion Batakan mendapat tanggapan dari DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

DPRD Balikpapan mendesak Pemkot Balikpapan, khususnya Dinas Pekerjaan Umum untuk segera membayarkan anggaran tersebut kepada warga yang memang benar-benar selaku pemilik lahan.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Syarifuddin Odang mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu telah menyampaikan kepada Pemkot Balikpapan untuk penggantian lahan warga yang terkena pembangunan Stadion segera dianggarkan.

“Bagaimana nantinya, untuk pola pembayaran terhadap lahan warga tersebut, mengingat ada dua hal yang harus diperhatikan oleh Pemkot Balikpapan mengenai status tanah tersebut,” kata Odang saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, secara teknis persoalan ini bukan lagi bagiannya, namun, bagian dari DPRD Balikpapan.

Stadion Batakan Balikpapan yang megah tapi menyisakan persoalan dengan pemilik lahan karena hingga 2019 Pemkot Balikpapan belum melakukan ganti rugi lahan warga.

Dia menambahkan, kalau memang lahan yang terkena pembangunan Stadion Batakan tersebut memang milik warga bersangkutan dan telah melalui koreksi kelengkapan dokumennya, maka anggaran tersebut harus segera diberikan.

“Untuk melakukan pembayaran ganti rugi lahan stadion ini sudah ada standardisasi harga maupun lainnya,” jelas Odang.

Namun, ujar Politisi Partai Hanura Balikpapan ini, jika tidak ada kejelasan dari pemilik lahan tersebut, Pemkot Balikpapan bisa melakukan konsinyasi atau menitipkannya ke pengadilan.

Lebih lanjut, kata Odang, dana sebesar Rp 5 miliar itu sudah dianggarkan sejak tahun 2018 lalu, dan pihaknya berharap pembayaran ganti rugi lahan warga di Stadion Batakan tersebut dapat segera terselesaikan.

“Sudah kita anggarankan, jadi tidak ada alasan Pemkot Balikpapan tidak membayarkan ganti rugi lahan warga yang terkena pembangunan Stadion Batakan itu. Itu hak mereka,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati q

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here