Disdukcapil Kembali Berinovasi, 13 Loket Pelayanan Akan Segera Dibuka

0
228

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan, Kalimantan Timur terus berinovasi dengan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Salah satu pelayanan yang nantinya menjadi andalan Disdukcapil Kota Minyak ini adalah akan diresmikannya Cafe Pelayanan pada HUT ke-122 Kota Balikpapan Februari 2019 mendatang, yang sekaligus akan segera membuka 13 loket pelayanan untuk berbagai macam pengurusan.

Plt Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan Disdukcapil Balikpapan, salah satunya dengan melakukan penataan ruang pelayanan.

“Yang pasti, kami menginginkan ruang pelayanan lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya, karena ruang pelayanan yang berada di samping gedung sangat tidak representative,” ujar Hasbullah Helmi saat di wawancarai media ini, Selasa (15/01/2019).

Yang kedua, tambah Helmi,  pelayanan sekarang ini adalah pelayanan privat service jadi bukan lagi sifatnya one service for all alias satu pelayanan untuk semua, sehingga pelayanan bisa dilakukan face-to-face dan tidak lagi memakai loket-loket yang ada jarak antara petugas dengan masyarakat.

Plt Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Kantor Disdukcapil Balikpapan, Selasa (15/01/2019).

Lebih lanjut, terang Helmi, pihaknya juga ingin mempercepat pelayanan dan jika sebelumnya loket itu dibagi yakni ada catatan sipil dan ada bidang kependudukan, nantinya tidak ada lagi loket pembagian tersebut.

“Ada 13 loket yang telah disiapkan Disdukcapil Balikpapan ini, nantinya akan melayani apapun pengurusannya dan itu akan mempercepat segala pengurusan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan,” tambah Helmi.

Menurut Helmi, jika saat ini pukul 12.30 wita pelayanan baru sepi, nantinya dengan 13 loket yang tersedia masyarakat datang pukul 11.00 hingga 11.30 siang pelayanan sudah sepi karena sudah terlayani semua.

“Jadi tidak ada lagi antrean yang panjang seperti pada pelayanan yang dilakukan saat ini. Nantinya dengan dioperasikannya 13 loket, pelayanan masyarakat di Disdukcapil bisa lebih cepat,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here