Jual Kosmetik Ilegal, Tiga Wanita Cantik di Balikpapan Ditangkap

0
515

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tiga wanita cantik yang juga pemilik salon kecantikan masing-masing berinisial UH, NR dan EGE ditangkap jajaran Satreskrim Polres Balikpapan, Kalimantan Timur, karena diduga bagian dari sindikat penjual obat dan kosmetik Ilegal.

“Dari hasil penyelidikan yang dilakukan Satreskrim Polres Balikpapan kita telah mengamankan tiga wanita yang diduga penjual obat dan kosmetik Ilegal,” kata Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta saat pers rilis pengungkapan kasus kosmetik ilegal di Mako Polres Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (17/01/2019).

Menurut Wiwin, pihaknya telah mengamankan tiga warga karena diduga penjual obat dan kosmetik ilegal yang tidak terdaftar di Balai Pemeriksa Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

Dia menambahkan, terungkapnya penjualan obat dan kosmetik ilegal ini berkat kejelian petugas Satreskrim yang curiga akan maraknya penjualan obat dan kosmetik ilegal.

“Dari hasil penyelidikan, akhirnya kami berhasil mengamankan seorang wanita yang juga pemilik salon berinisial UH (26 tahun) warga Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Selatan. Dari tangan UH, kami menyita ratusan obat dan kosmetik ilegal berbagai jenis dengan total produksi sebesar Rp 100 juta lebih,” tambah Wiwin.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta (tengah) menunjukkan barang bukti kosmetik ilegal hasil sitaan para pelaku, Kamis (17/01/2019).

Polisi kemudian melakukan pengembangan hingga diamankan pelaku lain berinisial NR, wanita berusia 26 tahun, warga Jalan Sultan Hasanuddin, Balikpapan Barat, yang juga memiliki usaha salon.

“Dari tangan NR, kami menyita ratusan botol kosmetik ilegal berbagai jenis mulai body lotion, krim malam hingga obat pembuat gemuk dan pelangsing tubuh yang tidak dilengkapi dengan izin BPOM,” terang Wiwin.

NR, kata Wiwin, merupakan salah satu pelaku yang telah menjalankan bisnisnya selama 5 tahun dengan keuntungan setiap bulan mencapai Rp 50 juta.

Tak berhenti di situ, polisi kemudian melakukan pengembangan dan kembali menangkap pelaku berinisial EGE (25 tahun), warga Jalan AW Syachrani Balikpapan Utara, dengan barang bukti ratusan kosmetik berbagai jenis dan obat-obatan pelangsing ilegal.

“Atas perbuatannya, ketiga pelaku kita jerat dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Kesehatan yang ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara,” pungkas Wiwin.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here