Blangko Terbatas, 16 Ribu KTP di Balikpapan Belum Tercetak

0
117

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 16 ribu KTP elektronik (e-KTP) belum dicetak oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan dari 20.146 pemegang Surat Keterangan alias Suket.

Pasalnya, stok blangko yang diberikan oleh Kependuduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pusat tidak sesuai harapan karena stok blangko yang ada terbatas.

Permintaan atas blangko e-KTP oleh Disdukcapil Kota Balikpapan hanya bisa terakomodir sebanyak 2.000 hingga 3.000 keping saja.

Plt Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi saat ditemui media ini mengatakan, meski hanya mendapat jatah 2.000 hingga 3.000 blanko saja, pelayanan pembuatan e-KTP di Disdukcapil Kota Balikpapan tidak mengalami kendala berarti.

“Pelayanan yang telah diberikan Disdukcapil Kota Balikpapan kepada masyarakat sudah maksimal, hanya saja ketersediaan blangko e-KTP sampai saat ini belum terakomodir seluruhnya,” ujar Helmi, belum lama ini.

Menurut Helmi, kondisi ini juga disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan blangko yang ada di pusat hingga berdampak di daerah termasuk pelayanan pembuatan e-KTP di Balikpapan.

“Tentu saja jatah blangko yang diberikan oleh Dukcapil Pusat tersebut jelas sangat kurang,” tambahnya.

Pelayanan pembuatan KTP di Disdukcapil Kota Balikpapan.

Keinginan Disdukcapil Kota Balikpapan, terang Helmi, adalah berapa kebutuhan itulah yang diberikan supaya pelayanan bisa lebih cepat.

Oleh sebab itu, jangan heran bila pengambilan KTP bisa memakan waktu hingga 2 bulan karena akibat dari keterbatasan blangko yang diberikan oleh Dukcapil Pusat.

Jika stok blangko tersedia, ujar Helmi, Disdukcapil Kota Balikpapan dalam melakukan pencetakan e-KTP dalam satu hari sanggup mencetak 2.000 KTP.

“Jadi, kalau 16.000 blangko e-KTP bila diberikan oleh Dukcapil Pusat, maka dalam waktu 8 hari pencetakan 16.000 KTP bisa selesai,” terang Helmi.

Pihaknya berharap, Pemerintah Pusat komitmen dengan janjinya yakni sebelum Pilpres April mendatang semua e-KTP sudah harus tercetak.

“Kami sangat berharap komitmen pusat dengan janjinya sebelum Pilpres mendatang semua KTP sudah harus tercetak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 16.000 KTP sampai saat ini belum tercetak dari 20.146 orang memegang Surat Keterangan l karena ketersediaan blangko e-KTP di Disdukcapil Kota Balikpapan.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here