Komisi 2 Sesalkan Penghapusan Bagasi Gratis

0
58

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kebijakan penghapusan bagasi gratis oleh sejumlah maskapai penerbangan mendapat tanggapan dari DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tak terkecuali tanggapan dari Komisi 2 DPRD Balikpapan yang menyatakan bahwa dampak yang dirasakan atas kebijakan tersebut sangat berpengaruh terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Komisi 2 DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa mengatakan, menyesalkan kebijakan yang dilakukan sejumlah maskapai penerbangan tentang penghapusan bagasi gratis dapat berdampak terhadap perekonomian di Balikpapan.

“Dampak yang ditimbulkan dari kebijakan itu adalah pelaku UMKM yang menjual aneka jajanan maupun oleh-oleh khas Kota Balikpapan,” kata Muhammad Taqwa saat ditemui media ini, Jumat (01/02/2019).

Menurut Taqwa, demikian Muhammad Taqwa disapa, akibat kebijakan tersebut warga yang berkunjung ke Balikpapan enggan membeli buah mata alias oleh-oleh khas Kota Minyak yang notabene terbentur dengan tingginya biaya bagasi jika masuk dalam bagasi berbayar.

Saat ini, ujar politisi partai Gerindra Balikpapan, untuk 1 hingga 2 bulan memang belum terlalu dirasakan oleh masyarakat Kota Balikpapan. Namun, ke depan dipastikan juga akan berimbas terhadap perkembangan ekonomi kreatif, khususnya pelaku UMKM seperti penjual amplang, gabin, kepiting serta lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat menyikapi permasalahan ini dengan bijak, mengingat dampak yang ditimbulkan atas penghapusan bagasi gratis oleh sejumlah maskapai penerbangan cukup berat. Apalagi harga harga tiket saat ini semakin mahal,” tambah Taqwa.

Untuk mendapatkan kejelasan tentang permasalahan ini, ujar Taqwa, Komisi 2 DPRD Balikpapan berencana melakukan sidak ke Bandara Sepinggan Balikpapan, termasuk untuk menemui perwakilan maskapai penerbangan bersangkutan.

“Nanti akan kita agendakan untuk sidak ke Bandara Sepinggan Balikpapan guna mengetahui duduk permasalahannya dan menemui perwakilan maskapai penerbangan untuk menanyakan bagasi gratis yang ditiadakan lagi,” terangnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here