Tingkatkan Kapasitas Wartawan, SJAJI dan GRI Gelar Training di Balikpapan

0
258

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna meningkatkan kemampuan wartawan, Sekolah Jurnalisme AJI (SJAJI) bekerja sama dengan The Global Reporting Initiative (GRI) akan menyelenggarakan Training dengan tema “Storytelling for Creating Public Demand for Corporate Accountability through Sustainability Reporting”.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan Devi Alamsyah melalui Sekjen AJI Kota Balikpapan Teddy Rumengan mengatakan, tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menulis dan melaporkan tentang pelaporan dan praktik laporan berkelanjutan perusahaan, terutama dalam isu sosial, lingkungan, dan ekonomi.

“Training Storytelling for Creating Public Demand for Corporate Accountability through Sustainability Reporting ini digelar di 3 (tiga) wilayah di Indonesia. Training pertama sudah terlaksana di Gorontalo, training kedua sudah terlaksana di Bandung. Sedangkan training ketiga akan diselenggarakan di Balikpapan pada 8 – 9 Februari 2019,” mendatang di Hotel Le Grendeur,” kata Teddy saat dihubungi via WhatsApp, Minggu (03/02/2019).

Menurut Teddy, pelatihan di Balikpapan ini terbuka bagi jurnalis dari Kota Balikpapan, Samarinda, dan Bontang dari berbagai platform media (cetak, online, televisi, dan radio).

Follow up dari training di tiga wilayah Indonesia ini, tambahnya, SJAJI & GRI akan memilih 10 karya terbaik dari karya yang sudah diterbitkan di media masing-masing yang membuat karya liputan mengenai Storytelling for Sustainable Development Journalism dan 10 karya terbaik tersebut akan  dipublikasikan kembali ke dalam kompilasi mengenai Storytelling for Sustainable Development Journalism.

Dia menambahkan, untuk mengikuti training di Balikpapan, para jurnalis yang berminat dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, dengan mengisi formulir berikut :
http://bit.ly/FormulirPendaftaran_TrainingStorytellingSR_Balikpapan, selambat-lambatnya Minggu malam 03 Februari 2019.

“Kami akan melakukan seleksi untuk semua lamaran yang masuk. Peserta terpilih akan mengikuti training selama dua hari di Balikpapan,” papar Teddy.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sustainability report, ujar Teddy, jurnalis yang  ingin mengikuti training ini diharapkan mengunduh dan membaca laporan sustainability report milik berbagai perusahaan, melalui website database GRI: database.globalreporting.org

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here