RDP, Komisi I Pertanyakan Kesiapan KPU Jelang Pemilu

0
231

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna memastikan kelancaran tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang semakin dekat, Komisi I DPRD Balikpapan, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang komisi Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Rabu (06/02/2019).

RDP Komisi I DPRD Balikpapan ini mengundang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balikpapan dan perwakilan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan karena sebagai garda terdepan dalam mensukseskan tahapan Pemilu.

Sayang, dari 3 instansi yang diundang, hanya Bawaslu Balikpapan yang tidak hadir hingga membuat kecewa para Wakil Rakyat Kota Minyak yang hadir dalan RDP yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Faisal Tola ini.

Hadir mendampingi Faisal Tola, yakni Abdul Jabar, Ali Munsjir Halim, Subari, Hajjah Kasmah serta Simon Sulean. Sedangkan dari KPU Balikpapan hadir Endang Susilowati, Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat. Sementara perwakilan Satpol PP Balikpapan dihadiri oleh Sekretaris Satpol PP Balikpapan Budi Liliono bersama dua kepala seksi Satpol PP Balikpapan.

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Faisal Tola mengatakan, RDP yang dilaksanakan bersama KPU dan Satpol PP Balikpapan ini bertujuan untuk menanyakan kesiapan KPU jelang pelaksanaan Pemilu, mengingat tahapan Pemilu 2019 sudah semakin dekat.

“Tahapan-tahapan pemilu yang semakin dekat membuat semua pihak terkait, juga harus siap. Komisi I DPRD Kota Balikpapan berkomitmen bahwa Pemilu 2019 yang digelar April mendatang harus benar-benar sukses tanpa ada catatan,” kata Faisal Tola.

Dalam hal ini, tambah Faisal Tola,  pihaknya ingin mengetahui kesiapan KPU, Satpol PP Balikpapan dan Bawaslu Balikpapan. Sayang, dalam RDP yang digelar kali ini Bawaslu Balikpapan tidak datang. “Alasannya, Ketua Bawaslu Balikpapan sedang berada di Jakarta, sedangkan yang lainnya tidak siap untuk menghadiri RDP ini,” tambah Faisal Tola.

Tetapi, dalam pertemuan ini pihaknya sangat jelas bahwa KPU sendiri komisionernya belum siap di Balikpapan dengan alasan bahwa masih dalam tahap seleksi. Pihaknya mengharapkan, permasalahan komisioner KPU di Balikpapan bisa cepat selesai.

Dalam pertemuan ini ada beberapa kesepakatan yang diperoleh, yakni  pihaknya akan membantu setiap persoalan-persoalan untuk menyampaikan ke masyarakat. Namun, pihaknya juga memohon kepada KPU Pusat untuk cepat menyelesaikan seleksi komisioner KPU.

Terkait Satpol PP Balikpapan terhadap penertiban APK, Politisi Partai Golkar ini menilai jika saat ini kinerja jajaran aparat berbaju coklat penegak Perda Kota Balikpapan sudah berjalan baik, tinggal belum sinkronisasinya dengan Bawaslu Balikpapan.

“Kami berharap, Bawaslu Balikpapan juga secepatnya untuk segera berkoordinasi dengan Satpol PP Balikpapan sehingga tidak ada lagi komplain dari partai- partai peserta Pemilu,” tutup Faisal Tola.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here