Mengecewakan, Pelayanan Puskesmas Mekarsari Dikeluhkan Warga

0
1181

Kabargupas.com, BALIKPAPAN- Pelayanan kesehatan yang dilakukan dokter dan staf Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Balikpapan Tengah, dikeluhkan warga.

Warga mengeluhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Mekarsari, yakni tentang pelayanan salah satu dokter yang tidak ramah, serta pelayanan tentang permohonan surat rujukan yang diajukan masyarakat.

Hal itu terungkap saat reses masa persidangan pertama tahun 2019 anggota DPRD Balikpapan, Faisal Tola di RT 14 Kelurahan Mekarsari, Balikpapan Tengah, Sabtu (16/02/2019) malam.

“Saya mengeluhkan terhadap pelayanan di Puskesmas Mekarsari. Pengalaman saya adalah ketika kakak saya mengalami sakit vertigo datang ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan oleh salah satu dokter, justru diperlakukan tidak maksimal. Bahkan, saat pandangannya masih berputar putar, si dokter malah mengusir keluar dari ruang pelayanan. Jelas saya sangat kecewa,” kata Suryati, warga RT 14 Mekarsari, Balikpapan Tengah.

Dia menambahkan, yang membuat dirinya lebih kecewa adalah bahwa dirinya merupakan kader Puskesmas Mekarsari yang banyak membantu setiap kegiatan Puskesmas Mekarsari.

Keluhan Suryati langsung disambut gemuruh dan tepuk tangan ratusan warga yang hadir di reses ini. Mayoritas, mereka membenarkan keluhan Suryati dan meminta kepala Puskesmas Mekarsari melakukan pembenahan.

Plt Kepala Puskesmas Mekarsari, dr Lilik Angraini (berkerudung) saat hadir di reses anggota DPRD Balikpapan Faisal Tola di RT 14 Mekarsari, Balikpapan Tengah, Sabtu (16/02/2019) malam.

Selain tentang pelayanan kesehatan, keluhan lainnya juga disampaikan warga diantaranya tentang penggunaan mobil ambulan ketika ada warga yang mengalami kecelakaan dan harus mendapatkan perawatan intensif, justru dirujuk ke rumah sakit menggunakan mobil pribadi hingga permintaan surat rujukan dari dokter puskesmas untuk ke rumah sakit yang tidak mendapat perhatian.

Menanggapi keluhan warga, Plt Kepala Puskesmas Mekarsari dr Lilik Angraini mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan pelayanan di Puskesmas Mekarsari, baik pelayanan dokter, maupun pelayanan kesehatan lainnya.

“Kami mohon maaf jika pelayanan dari dokter maupun staf Puskesmas Mekarsari kurang memuaskan bagi masyarakat. Ke depan, upaya perbaikan akan kami lakukan agar pelayanan kesehatan di Puskesmas Mekarsari dapat maksimal, termasuk memberikan teguran terhadap dokter maupun staf puskesmas yang kurang ramah kepada pasiennya seperti yang disampaikan warga,” ujar dr Lilik.

Sementara itu, anggota DPRD Balikpapan Faisal Tola mengatakan, atas keluhan masyarakat, pihaknya menyarankan agar pelayanan kesehatan di Puskesmas Mekarsari segera diperbaiki dan ditingkatkan lagi.

“Dokter puskesmas merupakan garda terdepan bagi Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, saya menyarankan kepada Plt Kepala Puskesmas Mekarsari, untuk segera meningkatkan pelayanannya,” kata Faisal Tola.

Begitu pula dengan mobil ambulan, terang Faisal Tola yang juga Ketua LPM Mekarsari ini, jika memang rusak segeralah mengajukan untuk dilakukan perbaikan agar ambulan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here