FKPD dan Paguyuban di Balikpapan Deklarasi Pemilu Damai

0
235

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Deklarasi pemilu damai 2019 digelar Kepolisian Resor (Polres) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan di aula Kantor Walikota, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan pada Jumat (22/02/2019) sekitar pukul 14.00 Wita.

Deklarasi pemilu damai ini melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Minyak bersama ratusan perwakilan paguyuban, perwakilan organisasi masyarakat (ormas), pondok pesantren, tokoh adat dan tokoh ulama serta tokoh pemuda.

Dalam deklarasi ini mereka menolak tempat ibadah jadi tempat kampanye politik, penyebaran isu provokatif, fitnah, ghibah, berita bohong (hoax), SARA dan radikalisme.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra mengatakan, kegiatan deklarasi bertujuan untuk memberi pemahaman kepada seluruh unsur masyarakat terkait bagaimana melakukan politik yang baik dan menghindari upaya politik negatif.

“Kegiatan ini digelar sebagai bentuk komitmen bersama untuk jajaran di Balikpapan, baik FKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, ormas dan seluruh elemen masyarakat Kota Balikpapan bahwa sepakat demokrasi dilaksanakan dengan baik dan sehat,” kata Wiwin.

Dia menambahkan, dengan kegiatan ini pula pihaknya menolak adanya politisasi agama maupun tempat ibadah sebagai sarana politik dan untuk kampanye gelap, ujaran kebencian, radikalisme dan sebagainya.

“Inilah bentuk komitmen bersama untuk kita menciptakan pemilu 2019 ini bisa dihasilkan dengan aman, damai dan sejuk,” jelas Wiwin.

Jajaran FKPD Balikpapan membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk komitmen dan dukungan pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung aman dan damai.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran polres Balikpapan ini meminta masyarakat untuk bijak menyikapi informasi yang didapat serta mencari kebenaran informasi tersebut.

“Di era telnologi ini, kita banyak sekali mendapatkan informasi atau berita daei di media maupun media sosial (medsos), baik berita benar maupun berita yang tidak benar atau hoax,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh caleg di Kota Balikpapan untuk berkompetisi secara sehat serta mengajak warga jangan sampai golput. Menurutnya, satu suara menentukan nasib warga Kota Balikpapan lima tahun ke depan.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya  deklarasi pemilu damai ini karena sebagai wadah seluruh elemen masyarakat untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan selama pemilu berlangsung.

Pihaknya juga menginginkan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar, baik sukses penyelenggaraan, sukses partisipasinya hingga sukses saat penghitungannya.

“Deklarasi pemilu damai ini adalah contoh yang baik. Mari kita sama-sama menjaga agar pemilu di Balikpapan berjalan lancar, aman dan kondusif,” ujar Rizal.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here