56 UMKM Ikuti Gebyar Produk 2019 di Bandara Sepinggan

0
411

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Gebyar Produk UMKM 2019 Bersama BUMN UMKM Jaya digelar PT Angkasa Pura I Balikpapan di area atrium Kedatangan dan Mezzanine Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Rabu (27/02/2019).

Sebanyak 56 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut berpartisipasi meramaikan Gebyar Produk UMKM 2019 ini.

Kegiatan yang berlangsung dari 27 Februari hingga 5 Maret 2019 mendatang, merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-122 Kota Balikpapan dan HUT ke-55 PT Angkasa Pura I (Persero). Di sini para pengunjung bisa membeli hasil produk dan kuliner di tenan-tenan UMKM dan menikmati hiburan yang disediakan. Banyak kegiatan menarik di kegiatan ini diantaranya aneka lomba, demo masak, talk show dan fashion show.

Acara Gebyar Produk UMKM 2019 dibuka oleh Farid Indra Nugraha General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan bersama Rizal Effendi Wali Kota Balikpapan disaksikan oleh Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII, Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Kepala Dinas Koperasi UMKM & Perindustrian, Kepala Dispora dan  Pariwisata Balikpapan, Kepala LPPOM Kalimantan Timur.

GM PT Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan, kegiatan yang digelar ini adalah rangkaian dari kegiatan memperingati HUT Kota Balikpapan dan HUT PT Angkasa Pura ke-55.

“Ini adalah rangkaian dari kegiatan HUT kita bersama,” kata Farid.

Menurut Farid, pihaknya selalu mengexplore UMKM yang ada di Balikpapan dan berkoordinasi dengan Dinas UMKM mencoba melakukan terobosan-terobosan baru. Beberapa diantaranya akan disinergikan dengan kelompok millenial dan kelompok kreatif.

GM PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha (kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan.

Untuk UMKM sendiri, tambah Farid,  tahun ini PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan sudah menyiapkan anggaran hampir sekitar Rp5 milyar. Beberapa diantaranya sudah dijalankan untuk mitra-mitra binaan agar UMKM lebih giat lagi untuk bisa meningkatkan potensi yang ada di Kota Balikpapan.

“Sekali lagi kami mohon dukungan dari Bapak Walikota dan beberapa Instansi yang ada di Balikpapan, agar UMKM kita yang ada di Balikpapan bisa lebih semangat lagi dan tumbuh berkembang,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Pinjaman Kemitraan Tahap I Tahun 2019 sebesar Rp600 juta kepada 8 UMKM oleh Farid, penyerahan Sertifikat Halal kepada 20 Mitra Binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan oleh Direktur  LPPOM MUI Kalimantan Timur, penandatangan prasasti Bantuan Bina Lingkungan berupa Bantuan Gedung Perpustakaan Sekolah di SDN 011 dan rehabilitasi ruang belajar TK Ekadyasa oleh Wali Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan bersama Pemerintah Kota dan Dekranasda Kota Balikpapan yang telah melaksanakan kegiatan Gebyar Produk UMKM 2019.

“Terima kasih untuk manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan untuk program pemberdayaan UMKM, dana bergulir dengan Bina Lingkungan, program rumah pintar dan sertifikasi halal,” kata Rizal.

Lebih lanjut Rizal menambahkan, semua harus saling bahu membahu, bagaimana agar Bandara SAMS Sepinggan ini tetap survive dan pasti manfaatnya juga baik untuk semua.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk  memperingati HUT Kota Balikpapan ke-122 dan PT Angkasa Pura I (Persero) ke-55, Wali Kota Balikpapan bersama undangan yang hadir menyempatkan juga mengunjungi tenan-tenan Gebyar Produk UMKM.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here