Rapim TNI-Polri 2019, Pangdam: Kodam VI/Mulawarman Siapkan 9.600 Personil

0
470

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri dengan mengusung tema “Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Netralitas, TNI-Polri Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional dalam rangka menjaga keutuhan NKRI di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Utara (Jakarta), digelar Kodam VI/Mulawarman, Kamis (28/02/2019).

Rapim dipimpin langsung Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto di aula Makodam VI/Mulawarman Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Acara ini dihadiri Kepala BNPB beserta seluruh jajaran BPBD Provinsi Kaltim, Kalsel, Kaltara, Kepala BNN beserta staf, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Kapolda Kalsel dan Kaltara beserta PJU dan Kasatwil, Kasdam VI/Mulawarman beserta seluruh Asisten, Kabalak, Danbrig beserta  Dansat di jajarannya, Dansat BS dan Dansatkowil, Danlantamal XIII/Tarakan dan Danlanal, Danrem 091/Asn beserta Dansatpur, Dansatbanpur dan Dansatkowil di jajarannya, Danlanud Balikpapan, Banjarmasin dan Tarakan, Irdam VI/Mulawarman, Irwasda Kaltim, Danrem 101/Ant beserta Para Dansatpur, Dansatbanpur dan Dansatkowil di jajarannya, Danrindam VI/Mulawarman, Kapok Sahli dan para Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman, LO TNI AL dan LO TNI AU.

Ratusan personil TNI-Polri mengikuti Rapim 2019 di aula Makodam VI/Mulawarman Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (28/02/2019).

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dalam sambutannya mengatakan, Rapimda TNI-Polri ini merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI-Polri yang dilaksanakan di Jakarta pada 29 Januari 2019 lalu.

Tujuannya, memupuk rasa persaudaraan dan menguatkan jalinan komunikasi yang lebih erat sehingga terwujud suatu kesepahaman dan sinergi yang kuat dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sesuai bidang tugas masing-masing.

“Sinergi akan mudah terwujud apabila komponen yang ada di dalamnya berpikiran sepaham, satu visi, dan terwujud suatu perasaan yang saling menghargai khususnya dalam menjamin keamanan Pemilu, Pilleg dan Pilpres Tahun 2019, mengamankan wilayah perbatasan, mengantisipasi bencana alam yang mungkin terjadi, serta dalam menghadapi bahaya narkoba dan mewujudkan situasi aman dan tenang, maka aparat TNI-Polri harus dapat menjadi abdi negara yang amanah dalam mewujudkan netralitas,” kata Subiyanto.

Pembukaan Rapim TNI-Polri 2019 dipimpin Pangdam VI/Mulawarman di aula Makodam VI/Mulawarman.

Dalam amanat pembukaan disampaikan berkaitan dengan penyiapan personel pengamanan sesuai perintah Panglima TNI, telah disiapkan 9.600 personil TNI baik TNI AD, TNI AL, TNI AU di wilayah Kodam VI/Mulawarman.

Dia menambahkan, kegiatan pengamanan Pemilu 2019 di fokuskan pada lima kegiatan utama yaitu apel siap gerak, pengamanan pada masa kampanye, masa tenang, pengamanan pada saat pencoblosan dan penghitungan suara, pengamanan saat penetapan calon terpilih dan pelantikan.

“Dalam pelaksanaannya, sebanyak  9.600 personil TNI tersebut terbagi dalam tiga rantai komando yang dipimpin oleh Danrem 091/Asn, Danrem 101/Ant dan Dandim 0905/Balikpapan,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati
Sumber : Pendam VI/Mulawarman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here