Jelang Nyepi, Satpol PP Balikpapan Bagikan Surat Edaran THM Tutup Sementara

0
454

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan membagikan surat edaran kepada pemilik usaha tempat hiburan malam (THM) dan arena bola sodok, Kamis (28/02/2019) malam.

Pemberian surat edaran ini dilakukan sebagai bentuk informasi kepada pemilik usaha THM dan bola sodok jelang peringatan hari besar keagamaan, yakni Hari Raya Nyepi yang akan diperingati umat Hindu pada 7 Maret 2019 mendatang.

Kasi Ops Satpol PP Balikpapan Siswanto mengatakan, sudah menjadi agenda rutin setiap jelang peringatan hari besar keagamaan dilaksanakan pemberian surat edaran tentang penutupan sementara kegiatan usaha hiburan dan arena bola sodok yang ada di Kota Beriman.

“Memang sudah jadi agenda rutin setiap  menjelang peringatan hari besar keagamaan dibagikan surat edaran Wali Kota Balikpapan tentang penutupan sementara THM dan arena bola sodok (biliar) yang ada di Balikpapan,” kata Siswanto.

Tujuannya, tambah Siswanto, agar saat peringatan hari besar keagamaan tersebut, khususnya saat umat Hindu menjalankan ibadah Nyepi-nya bisa berjalan lancar, tertib, aman dan kondusif.

“Ya salah satunya adalah saling menghormati dan saling toleransi dalam menjalankan ibadah. Untuk itu, kami mohon pengertian kepada para pengelola THM maupun arena bola sodok untuk menghormati saudara kita yang akan merayakan Hari Raya Nyepi dengan mematuhi peraturan yang ada yakni Perwali dan Perda Kota Balikpapan,” tambah Siswanto.

Sementara itu, Petugas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Balikpapan yang juga Komandan Regu Satpol PP Wilayah Balikpapan Kota Suprapto menjelaskan, untuk surat edaran tentang penutupan sementara THM dan arena bola sodok ini pembagiannya sudah dilakukan sejak Kamis malam. THM yang ada di kawasan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan jadi sasaran kegiatan diantaranya THM dan panti kebugaran di Kompleks Ruko Bandar, Balikpapan Permai, Balikpapan Super Blok serta lainnya.

“Sesuai surat edaran Wali Kota Balikpapan, dalam rangka menghormati umat Hindu yang akan merayakan Nyepi,  THM wajib ditutup sementara pada Kamis 6 Maret 2019 pukul 07.00 Wita sampai dengan Jumat 8 Maret 2019 pukul 06.00 Wita,” kata Suprapto.

Khusus untuk kegiatan operasional arena bola sodok (billiar), terang Suprapto, jam operasionalnya menyesuaikan waktu yang sudah ditetapkan, yakni buka pada pukul 11.00 hingga pukul 16.00 Wita. Sedangkan operasional malam, buka pukul 21.00 hingga pukul 23.00 Wita.

“Jika surat edaran Wali Kota Balikpapan tentang penutupan sementara ini tidak diindahkan, THM maupun arena bola sodok yang nakal akan diberikan sanksi tegas. Sanksi yang paling berat adalah pencabutan izin operasionalnya,” terang Suprapto.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here