Millenial Bandara SAMS Sepinggan Edukasi Siswa SMAN 5 Tangani Kebakaran

0
346

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kaum Millenial Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tampaknya tak berhenti membuat inovasi.

Kali ini, inovasi yang dilakukan tersebut berupa kegiatan edukasi dengan tema “Aerodrome Safety For Millenials” diikuti ratusan siswa SMA Negeri 5 Balikpapan.

Kegiatan yang digelar di Aula SMA Negeri 5 Balikpapan dibuka oleh Airport Rescue Fire & Fighting (ARFF) Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, I Made Madi.

“Dalam kegiatan ini para siswa dikenalkan akan tugas dan fungsi salah satu unit penting di Bandara yaitu ARFF sehingga para siswa nantinya memiliki pengetahuan dalam proses penyelamatan jika terjadi kebakaran,” ujar I Made Madi.

Petugas ARFF Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan memberikan kesempatan kepada salah seorang guru SMAN 5 Balikpapan untuk memadamkan api.

Selain itu, tambah I Made Madi, dalam kegiatan ini juga disampaikan paparan tentang materi kebandar-udaraan serta lainnya sebagai bahan pengetahuan bagi para siswa.

Lebih lanjut, kata I Made Madi, meskipun baru pertama kali digelar kegiatan Goes To SMA Negeri 5 Balikpapan kegiatan berjalan lancar dan antusias para siswa cukup tinggi dalam menerima materi ini.

“Banyak yang bertanya kepada kami  hingga hal-hal diluar materi ARFF dan kami tetap menjawab sesuai kapasitas kami,” ungkap I Made Madi.

I Made Madi berharap, kegiatan ini ke depannya akan terus dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan misi PT Angkasa Pura I (Persero) yakni memberikan konstribusi positif pada kelestarian lingkungan.

Usai kegiatan petugas ARFF Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan foto bareng siswa SMAN 5 Balikpapan.

Sebagai kegiatan penutup, praktek pemadaman api menggunakan pakaian dan alat pemadam oleh petugas serta sebagian siswa ikut mempraktekkan, disamping itu para guru menyambut baik kegiatan tersebut.

Puspitasari, salah satu siswi mengaku jika edukasi yang diberikan PT Angkasa Pura I Balikpapan sangat penting karena menambah wawasan dan pengetahuan.

“Saya dan teman-teman senang bisa mengikuti kegiatan ini karena kita bisa mengetahui apa saja yang ada di bandara, seperti fasilitas dan pelayanannya serta unit kerja yang cukup penting di bandara yaitu ARFF,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pengetahuan yang didapat dari materi dan praktek ini, tentu dapat diterapkan jika terjadi kebakaran. “Contohnya kita siap melakukan upaya pemadaman sesuai prosedur pemadaman yang baik dan benar,” tutupnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here