Curi Ban Serep Mobil Warga, Aksi Sopir Angkot Terekam CCTV

0
174

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Seorang oknum sopir angkutan kota (angkot) bernama Arif Fadillah (32) terpaksa berurusan dengan aparat kepolisian Polsek Balikpapan Utara, Senin (04/03/2019).

Warga Jalan Ahmad Yani Gunung Belah, Kelurahan Gunung Sari Ulu ini ditangkap jajaran Satreskrim Polsek Balikpapan Utara karena diduga pelaku pencurian ban serep sebuah mobil pikup milik warga.

Aksi pelaku terekam kamera tersembunyi alias CCTV yang terpasang di salah satu sudut rumah keluarga korban di kawasan Jalan Gunung Samarinda Dua RT 17, Balikpapan Utara.

Akibatnya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan (curat) yang ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara.

Terungkapnya kasus pencurian ini bermula dari laporan korban atas nama Sugeng Budiono yang kehilangan ban serep mobil pikup-nya saat parkir di depan rumah keluarganya.

Pelaku yang mengemudikan angkot berwarna orange menghentikan kendaraannya ketika melihat mobil korban yang terparkir di depan rumah tanpa ada orang yang memperhatikannya. Setelah memarkir angkotnya, selanjutnya pelaku beraksi dengan melepas ban serep mobil pikup korban.

Aksi pelaku ternyata terekam kamera CCTV dan dengan mudah dikenali oleh korban hingga secara diam-diam korban bersama petugas Satreskrim Polsek Balikpapan Utara melakukan pencarian. Pelaku tidak berkutik ketika korban bersama petugas Satreskrim Polsek Balikpapan Utara menangkapnya di kawasan Jalan Ahmad Yani saat akan melakukan aksi lanjutan.

Saat diidentifikasi, ternyata pelaku merupakan residivis yang pernah ditangkap Polsek Balikpapan Utara atas kasus penggelapan 11 unit sepeda motor dan pernah ditahan selama 2 tahun 8 bulan.

Korban Sugeng Budiono mengatakan, aksi pencurian ini baru diketahui setelah mengendarai mobil karena penyangga ban serep lepas. Dan setelah dilihat ban serep ternyata sudah tidak ada.

“Aksi pencurian yang dilakukan pelaku baru diketahui setelah saya mengemudikan mobil pick up dan terdengar suara besi longgar. Setelah saya lihat ternyata ban serepnya  sudah hilang,” ujar Sugeng.

Pelaku Arif Fadillah mengatakan, terpaksa mencuri ban serep mobil warga yang sedang diparkirkan tanpa  pengawasan karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun tidak menyadari jika aksinya terekam kamera CCTV.

“Terpaksa saya curi ban serep mobil warga karena untuk bayar setoran angkot serta menambah kebutuhan keluarga,” kata Arif.

Sementara itu, petugas Polsek Balikpapan Utara Aiptu Wagino mengatakan, setelah mendapat laporan dari korban dan menemukan kebenaran pelaku, pihaknya langsung melakukan penangkapan.

“Pelaku pernah ditangkap atas kasus penggelapan motor warga dan sekarang melakukan pencurian ban serep mobil warga hingga terekam kamera CCTV,” ujar Wagino.

Selain menangkap pelaku, hasil pengembangan pihaknya juga mengamankan seorang tukang tambal ban yang diduga sebagai penadah barang curian yang dijual pelaku dengan harga Rp250 ribu.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here