Sidak Komisi I ke THM, Cek Izin Temukan Belasan Botol Miras Ilegal

0
103

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi I DPRD Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah tempat hiburan malam (THM) sebagai tindak lanjut laporan masyarakat tentang maraknya perdagangan anak di bawah umur, Senin (04/03/2019).

Selain itu, sidak dilakukan untuk melihat dari dekat kelengkapan perizinan yang dimiliki para pelaku usaha THM ini, seperti izin usaha serta lainnya.

Sidak yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Faisal Tola ini menyasar sejumlah THM yang ada di Kota Minyak diantaranya Suka-Suka Karaoke, Meteor Pub and Karaoke di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, QQ Pub and Karaoke di Jalan Letjen Sutoyo Gunung Malang, Balikpapan Tengah dan d’club 89 di Jalan MT Haryono, Balikpapan Selatan.

Belasan botol miras yang ditemukan rombongan Komisi I DPRD Balikpapan saat sidak di salah satu THM di kawasan Ruko Bandar Balikpapan, Senin (04/03/2019) malam.

Tak hanya itu sejumlah THM lainnya yang juga ikut jadi sasaran Sidak para Wakil Rakyat Kota Minyak ini adalah THM di kawasan Kompleks Ruko Bandar Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Kecamatan Balikpapan Kota yakni Why71 Pub and Karaoke, NEO Pub and Karaoke, Angel Sky Cafe and Karaoke, dan terakhir OK Pub.

Sidak yang menghadirkan perwakilan Satpol PP Balikpapan ini menemukan belasan botol minuman keras (miras) di salah satu pub di Kompleks Ruko Bandar Balikpapan.

“Untuk temuan miras saat sidak ini kita serahkan kepada Satpol PP Balikpapan untuk ditindaklanjuti dan diberikan sanksi atas dugaan pelanggaran tersebut, termasuk saat mendapati seorang pekerja pub dan karaoke yang bukan warga Balikpapan atau ber-KTP luar daerah,” kata Faisal Tola.

Menurut Faisal Tola, sidak yang dilaksanakan ini tidak untuk mencari kesalahan pemilik THM, namun bertujuan untuk melihat kelengkapan perizinannya serta mengimbau kepada pemilik usaha untuk taat membayar pajak.

“Kita tidak mencari kesalahan THM, namun kita melakukan sidak untuk melihat kelengkapan perizinan yang dimiliki serta mengajak pemilik usaha untuk taat pajak,” tambah Faisal.

Salah satu pub yang disidak Komisi I DPRD Balikpapan dipimpin Ketua Komisi I Faisal Tola bersama Satpol PP dan perwakilan LSM Balikpapan.

Selain itu, sidak yang dihadiri Ali Munsyir Halim, Abdul Yajid, Abdul Jabar, dan Simon Sulean ini juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya perdagangan anak di bawah umur serta menghadapi Pileg dan Pilpres April 2019 mendatang.

Ada yang menarik saat sidak dilaksanakan mulai pukul 20.00 hingga 23.15 Wita ini. Komisi I DPRD Balikpapan juga mengajak 2 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni LSM JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan) Balikpapan dan LSM LAD (Lembaga Adat Dayak) Balikpapan. Tujuannya agar masyarakat bisa melihat kinerja yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Balikpapan serta bisa melihat langsung kondisi THM dan kelengkapan perizinannya.

“Sengaja kami libatkan sejumlah LSM di Balikpapan untuk bisa langsung memonitoring kinerja Komisi I DPRD Balikpapan serta kondisi THM dan kelengkapan perizinannya,” kata Faisal Tola.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here