Tingkatkan Jumlah Penumpang, Bandara Sepinggan Kembangkan Rute Potensial

0
245

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dalam meningkatkan jumlah kunjungan melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berikan peluang kepada maskapai untuk mengembangkan rute potensial.

Hal ini berkaitan dengan upaya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meningkatkan penerbangan. Menurut data, jumlah penumpang mengalami penurunan selama dua bulan terakhir di tahun 2019. Tercatat jumlah penumpang di bulan Januari hingga Februari tahun 2019 sebanyak 897.829 penumpang dibandingkan tahun 2018 sejumlah 1.184.744 penumpang, terlihat dengan pertumbuhan -24,22 persen.

Sedangkan untuk data pergerakan pesawat di bulan Januari hingga Februari tahun 2019 hanya mencapai 9.231 pergerakan dibandingkan tahun 2018 sebanyak 10.705 pergerakan dengan persentase turun hingga -13,77 persen dan dari sektor Kargo di bulan Januari hingga Februari tahun 2019 sebesar 8.383.900 kg dibandingkan tahun 2018 sebanyak 10.188.123 kg, secara persentase turun – 17.14 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, dari berbagai Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) juga tercatat penurunan pertumbuhan di low season ini akibat berbagai faktor, salah satunya harga tiket pesawat yang sedang naik, namun khususnya di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ada pengaruh juga terhadap beralihnya penumpang ke Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Kalau melihat faktor itu, jadi wajar jika penurunan ini terjadi, untuk beberapa rute pun tetap namun sementara tidak beroperasi dulu,” ujar Farid, Selasa (05/03/2019).

Tentunya, lanjut Farid, pilihan ada pada penumpang sendiri, mau menggunakan bandara mana, dalam konteks ini pihaknya memberikan layanan dengan tetap utamakan keselamatan dengan melengkapi fasilitas penerbangan sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, tahun ini pihaknya melakukan beberapa investasi untuk menjaga keselamatan penerbangan, seperti pemutakhiran kendaraan Runway Sweeper, kendaraan Fire Fighting and Rescue dan juga alat surveillance untuk kendaraan.

“Kita berharap terus ditingkatkan dengan memenuhi regulasi yang ada, seiring terus berupaya memberikan inovasi peningkatan traffic di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” paparnya.

Sebagai tambahan, Farid mengajak berbagai stakeholder untuk terus berupaya membuka rute baru baik dalam maupun luar negeri guna mempertahankan atau meningkatkan kunjungan orang ke Kalimantan Timur, dan Kota Balikpapan khususnya.

“Sebagai pihak bandara, kami akan coba mencari partner di Tiongkok untuk diajak kerjasama membuka jalur baru dari Cina Daratan dan Umroh, agar bisa menjadi andalan dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melihat fasilitas serta panjang runway sudah memadai,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here