Uji Keterampilan, 21 Tim Rescue Ikuti Balikpapan Fire & Rescue Challenge 2019

0
181

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pertamina Refinery Unit (RU) V mendukung penyelenggaraan 7th Balikpapan Fire & Rescue Challenge 2019 (7th BFRC 2019) yang akan dilaksanakan pada 6 dan 8 Maret 2019 di lapangan Merdeka Kota Balikpapan.

Lomba tersebut merupakan inisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dan instansi yang ada di  Balikpapan untuk meramaikan dan menyemarakkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2019 serta meningkatkan budaya K3 di Kota Beriman, Balikpapan.

Pada kegiatan Bulan K3 Kota Balikpapan 2019 ini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menunjuk Pertamina RU V sebagai tuan rumah.

Hal itu dikatakan Manager HSSE RU V Balikpapan Oky Wibisono di hadapan awak media saat jumpa pers di Blue Sky Hotel Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Balikpapan Barat, Selasa (05/03/2019) malam tadi.

Oky Wibisono yang didampingi Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha dan Humas Pertamina Aries Buana menambahkan, pada Technical Meeting dan Workshop 7th BFRC 2019, dirinya ditunjuk langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sebagai Ketua Umum Panitia Bulan K3 Kota Balikpapan.

“Balikpapan Fire & Rescue Challenge adalah salah satu lomba keterampilan dari rangkaian kegiatan bulan K3 Kota Balikpapan yang bertujuan menguji keterampilan dan pengetahuan para Emergency Response Team/Team Kedaruratan/Rescuer dari instansi atau perusahaan dan lembaga kedaruratan yang ada di Balikpapan dan sekitarnya. Tahun ini merupakan tahun ketujuh penyelenggaran lomba tersebut,” ujar Oky.

Menurut Oky, sebelum lomba dilaksanakan pada Rabu 6 Maret 2019, workshop dan technical meeting yang dilaksanakan pada 9 Februari lalu, peserta diperkenalkan dengan nomor lomba yang akan dilaksanakan, teori kedaruratan, pengenalan alat, skenario lomba serta tata tertib lomba.

“Sebanyak 21 peserta akan berlaga untuk menjadi yang terbaik di kegiatan ini. Ke-21 peserta tersebut terdiri 16 peserta dari perwakilan perusahaan, 4 organisasi kedaruratan di Balikpapan dan sekitarnya serta satu peserta dari Maluku,” paparnya.

Lebih lanjut, Oky menjelaskan, sesuai tema Bulan K3 Nasional 2019 tahun ini “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”, penyelenggaraan BFRC ini diharapkan dapat meningkatkan skill dan knowledge  masing-masing rescue tim sehingga dapat berkontribusi ketika terjadi kedaruratan di Balikpapan jika diperlukan.

Sebelumnya, terang Oky, rangkaian kegiatan memperingati Bulan K3 Nasional 2019 ini sudah dilaksanakan, diantaranya sosialisasi dan pemilihan Duta K3 Nasional 2019, Safety Champaign, sosialisasi K3 dan Safety Briefing khusus Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan.

“Closing Ceremony, pengumuman pemenang lomba BFRC, finalisasi Duta K3 dan penyerahan estafet kepanitiaan Bulan K3 tahun 2020 akan dilaksanakan pada 10 Maret 2019 di Pantai Le Batakan. Juga digelar pameran K3 dan workshop kesiapsiagaan, seminar internasional pada 13-14 Maret mendatang,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here