Caleg DPD RI Dapil Kaltara Diputus Bebas Dalam Sidang Praperadilan Dugaan Money Politic

0
281

Kabargupas.com, TANJUNG SELOR – Sidang praperadilan kasus dugaan money politic saat kampanye yang dilakukan Caleg DPD RI Dapil Kalimantan Utara (Kaltara) Herwansyah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung Selor, akhirnya memutuskan bebas murni tanpa syarat.

Putusan bebas ini setelah majelis hakim menggelar sidang selama 7 hari berturut turut sejak berkas perkara kasus dugaan money politic Caleg DPD RI nomor urut 28 ini dilimpahkan Kejaksaan Negeri Bulungan kepada Pengadilan Negeri Tanjung Selor.

Dalam sidang tersebut, Herwansyah didakwa telah melakukan money politic saat menghadiri undangan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Tanah Tidung, beberapa waktu lalu.

Dibebaskannya Herwansyah ini setelah majelis hakim menimbang dan sebagainya tidak menemukan adanya pelanggaran. Meski dalam keterangan saksi yang dihadirkan sebanyak 10 orang dan dua saksi ahli bahwa terdakwa tidak terbukti melakukan money politic seperti yang dilaporkan Polres Bulungan atas laporan Bawaslu Kabupaten Tanah Tidung, Kaltara.

Jaksa Penutup Umum dalam putusan hakim akan melakukan koordinasi dengan Gakumdu terkait akan melakukan kasasi dalam tiga hari ke depan.

Hakim Pengadilan Negeri Tanjung Selor Imelda Herawaty Dewi SH MH mengatakan, dalam amar putusan Ketua Pengadilan telah memutuskan terdakwa bebas dan terdakwa wajib di kembalikannya barang bukti atas hak-haknya dan nama baiknya.

“Atas berbagai pertimbangan serta sebagainya, majelis memutuskan terdakwa bebas dan barang bukti milik terdakwa dikembalikan serta hak dan nama baiknya,” kata Imelda.

Kuasa Hukum terdakwa Syahrudien mengatakan, sejak awal pihaknya yakin akan menangkan sidang praperadilan ini karena laporan yang disampaikan oleh Bawaslu Tanah Tidung minim bukti.

“Sejak awal kami yakin menang dalam perkara ini, karena dugaan money politic yang dituduhkan tidak bisa dibuktikan,” kata Syahrudien.

Penulis : Nono
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here