Prihatin, Fraksi Hanura Akan Bentuk Pansus Perizinan

0
200

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Maraknya tumpang tindih perizinan yang dikeluarkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait membuat Fraksi Partai Hanura di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, prihatin.

Fraksi Hanura melalui Ketua Fraksi yang juga Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Nazaruddin akan mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Perizinan agar ke depan tidak ada lagi terjadi tumpang tindih perizinan.

Hal itu dikatakan Nazaruddin saat ditemui wartawan di ruang Komisi III DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Senin (11/03/2019).

Menurut Nazarudin, terkait perizinan tumpang tindih ini perlu segera dievaluasi OPD terkait, khususnya yang mengeluarkan izin tersebut, yang dalamnya adalah oknum perizinan.

“Kita berbicara oknumnya. Jadi, yang perlu dievaluasi adalah oknum-oknum yang mengeluarkan izin tersebut karena menyebabkan sejumlah persoalan di masyarakat,” kata Nazaruddin.

Kondisi ini, ujar Nazaruddin, pihaknya pribadi mengaku prihatin dan akan mendiskusikan ke fraksi terkait langkah-langkah yang akan diambil ke depan, salah satunya dengan mengadakan Panitia Khusus (Pansus) Perizinan.

Dia menambahkan, salah satu contoh tumpang tindihnya perizinan yang dikeluarkan oleh OPD terkait adalah ketika Komisi III DPRD Balikpapan melakukan sidak sebuah bangunan di Jalan MT Haryono, Balikpapan Selatan.

“Saat kami melakukan sidak, ternyata di lokasi yang dimaksud izinnnya (IMB) tumpang tindih. Ini yang membuat kami prihatin dan perlu segera dibentuk Pansus Perizinan,” terang Nazaruddin.

Pihaknya juga meminta OPD terkait dalam mengeluarkan izin pembangunan harus lebih selektif. Begitu pula dengan  pengawasannya, juga harus lebih ditingkatkan lagi.

“Jika mengeluarkan izin hendaknya juga dilakukan pengawasan agar pengembang tidak asal-asalan melakukan pembangunannya,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here