Wagub Kaltim Buka Seminar Nasional Membangun Kemitraan Berkelanjutan di Balikpapan

0
169

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals digelar PTTEP Indonesia bersama Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability di Hotel Novotel Jalan Ery Suparjan Balikpapan, Rabu (13/03/2019).

Seminar pertama di 2019 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi disaksikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, General Affair Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara, Pendiri Program S2 MM-CSR Universitas Trisakti Maria R. Nindita Radyati, PhD serta lainnya yang ditandai dengan pemukulan gong.

Hadirnya Wali Kota Balikpapan di acara ini juga sebagai Panel Speaker yang turut membagikan ilmunya kepada peserta di sesi pertama. Seminar juga digelar dalam rangka menyatukan kembali akademisi, LSM serta sektor publik dan swasta untuk bersama sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai Sustainable Development Goals di Indonesia.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini karena untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) itu sesuatu yang harus di support dengan positif. Dan, dirinya sampaikan tadi memang membangun Kaltim tidak bisa dilakukan sendirian. Pemerintah tidak bisa membangun sendiri dan harus bermitra dengan pihak ketiga.

“Untuk itu kami juga minta kepada pihak ketiga yang bermitra kepada Pemerintah Provinsi Kaltim untuk memperhatikan aspek lingkungan, memperhatikan aspek pembangunan berkelanjutan, dan memperhatikan masyarakat sekitarnya sehingga kehadiran pihak ketiga tersebut bisa disambut positif masyarakat dan membangun Kaltim berkelanjutan,” kata Hadi.

General Affair PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara mengatakan, berdasarkan antusiasme yang didapatkan dari peserta dan lokakarya di lima kota di seluruh Indonesia, pihaknya memutuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya di tahun 2019.

“Mengingat pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan, kami akan mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs,” ujar Afiat.

Afiat menambahkan, Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals adalah kelanjutan dari rangkaian seminar di tahun 2018 yang sebelumnya diadakan di lima kota yakni Jakarta, Makassar, Palembang, Medan dan Surabaya.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada General Affair PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara dalam seminar nasional membangun kemitraan yang digelar di Hotel Novotel, Rabu (13/03/2019).

Menurut Afiat, mengikuti Kementerian PPN/Bappenas yang mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama sama merealisasikan pelaksanaan agenda SDGs, terutama poin SDGs No.17 yaitu Kemitraan untuk mencapai tujuan SDGs, PTTEP dan Universitas Trisakti, MM-Sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara seminar untuk membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, LSM dan individu di lima kota.

Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Selain seminar, akan diadakan juga lokakarya pada 14-15 Maret 2019 yang bertujuan untuk melatih LSM lokal tentang bagaimana cara terlibat secara profesional dan efektif dalam bermitra dengan sektor swasta dan pemerintah. Lokakarya ini akan dipimpin oleh instruktur dari Universitas Trisakti MM-Sustainability.

Sementara itu, Pendiri Program S2 MM-CSR Universitas Trisakti Maria R. Nindita Radyati, PhD mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu berkelanjutan.

“Inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu berkelanjutan sangatlah penting dan kami berharap dapat merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan di acara tahun ini. Dengan inisiatif ini kami bersama sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan,” terang Maria.

Hadir menyampaikan paparan di acara ini, Ketua METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia) Dr. Surya Darma, Kabid Ekonomi Bappeda Kaltim Saur Pasaoran, Kepala Bappeda Balikpapan Nining Sutiningsih, Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise Herdiansah, Co-Founder CSR Indonesia Jalal, dan Pengelola Mangrove Center Graha Indah Agus Bei.

Tak ketinggalan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, General Affair Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara, dan Pendiri Program S2 MM-CSR Universitas Trisakti Maria R. Nindita Radyati, PhD juga turut menyampaikan materinya di hadapan peserta seminar.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here