Dikukuhkan, H. Karmin Laonggeng Resmi Pimpin DKB Periode 2019-2024

0
352

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – H. Karmin Laonggeng SE secara resmi memimpin Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) periode 2019-2024 setelah terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Kota (Muskot) Dewan Kesenian Balikpapan di Hotel Menara Bahtera Jalan Gajah Mada Balikpapan, Sabtu (16/03/2019).

Pengukuhan pengurus DKB periode 2019-2024 ini dilakukan Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jumali mewakili Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang berhalangan hadir.

Dalam memimpin organisasi yang bergerak di bidang seni ini, H. Karmin Laonggeng didampingi Irwan Faisal (Ketua I), Rabbana SH (Ketua II), Andi Arif Agung (Ketua III), Abriantinus (Ketua IV), Ariza Oktavialdi (Ketua V) dan Lampang Bilung (Ketua VI).

Sedangkan untuk Sekretaris Umum DKB posisinya dijabat oleh Yudhi Valent, sementara Bendahara Umum diamanahkan kepada Apryan Aditya.

Pengukuhan berlangsung khidmat dan lancar dihadiri Ketua Dewan Penasihat DKB Andi Burhanuddin Solong, anggota DPRD Balikpapan Ruki Suheru, Ketua Paguyuban Balikpapan Leo Sukoco, perwakilan Paguyuban Dayak Balikpapan, perwakilan Polres Balikpapan, serta sejumlah perwakilan dari instansi terkait.

Tak ketinggalan, belasan Kino turut hadir menyaksikan pengukuhan atau pelantikan pengurus DKB periode 2019-2024, termasuk Marni, istri almarhum H. Darwis M. Noor (ketua lama yang wafat pada dua tahun lalu).

Ketua Umum DKB Periode 2019-2024, H. Karmin Laonggeng mengatakan, dengan kepengurusan baru ini, yang 90 persen adalah pengurus lama, namun semua sepakat dengan kebersamaan dan persatuan agar kesenian dan kebudayaan Kota Balikpapan bisa lebih berkembang lagi.

“Melalui Dewan Kesenian Balikpapan kita bisa menjaga kota ini, membangun kota kita ini, sehingga dalam bentuk kesenian Kota Balikpapan bisa lebih berkembang dan bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar H. Karmin kepada kabargupas.com usai pelantikan.

Pengurus DKB periode 2019-2024 foto bareng usai dilantik oleh Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jumali di Hotel Menara Bahtera Jalan Gajah Mada Balikpapan, Sabtu malam (16/03/2019).

Dia menambahkan, pihaknya sangat berharap kepada seluruh pengurus DKB agar betul-betul aktif, karena dengan kesatuan dan persatuan seni budaya Kota Balikpapan bisa lebih maksimal.

Menurutnya, di 2019 ini DKB ada rencana melaksanakan festival Bagijo se-Kaltim yang akan diikuti dari 10 kabupaten kota. Pihaknya berharap, dengan pelaksanaan Bagijo ini DKB dapat memetik dari beberapa seni budaya yang ada di Kaltim.

Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jumali mewakili Pemkot Balikpapan menyambut baik dilaksanakannya pengukuhan pengurus DKB periode 2019-2024.

“Dikukuhkannya kepengurusan yang baru, semoga DKB bisa membina cabang-cabang dan kegiatan paguyuban-paguyuban yang bergerak di bidang seni dan membawa Balikpapan semakin maju,” kata Jumali.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat DKB Andi Burhanuddin Solong meminta kepada pengurus DKB terpilih agar bisa  meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan dunia seni di Balikpapan.

“Dengan seni kita bisa membangun kekuatan untuk kemajuan Balikpapan ke depan. Oleh karenanya, saya minta kepada pengurus DKB yang baru agar memaksimalkan keberadaan Gedung Kesenian Balikpapan sebagai sarana untuk memajukan dunia seni di kota ini,” ujar ABS, sapaan akrab Andi Burhanuddin Solong.

Untuk diketahui, sejak wafatnya H. Darwis M. Noor dua tahun silam, posisi Ketua Umum DKB mengalami kekosongan hingga Muskot DKB digelar pada Sabtu siang 16 Maret 2019 dan menetapkan H. Karmin Laonggeng sebagai penggantinya masa bakti 2019-2024.

H. Karmin Laonggeng terpilih secara aklamasi setelah 13 Kino dari 15 Kino Balikpapan menunjuknya untuk memimpin DKB lima tahun ke depan.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here