Yonif Raider 600/Modang Disiapkan Jaga Perbatasan Indonesia Malaysia

0
102

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto membuka Brifing Pratugas Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Raider 600/Mdg di aula Markas Yonif Raider 600/Modang Jalan Mulawarman Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Senin pagi (17/03/2019).

Sesuai jadwal rotasi pelaksanaan pengamanan perbatasan Indonesia Malaysia direncanakan keberangkatan Yonif 600/Modang sekitar April mendatang mengantikan Yonif Raider 613/Raja Alam yang telah melaksanakan tugas selama 9 bulan.

Sejumlah 450 prajurit yang tergabung di Satgas Pamtas RI- Malaysia yang telah dibekali berbagai kemampuan termasuk menjadi tenaga pengajar atau pendidik di pedalaman dan perbatasan. Beberapa pengetahuan dalam menangani pelintas batas illegal, penyelundupan narkoba serta lainnya telah diberikan kepada personel Satgas agar tidak terjadi salah prosedur dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Di hadapan prajurit Yonif Raider 600/Modang, Pangdam mengingatkan agar personel melaksanakan latihan pratugas dengan serius dan bersungguh sungguh.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto melakukan peninjauan di markas Yonif 600/Modang, Senin (18/03/2019).

“Dalamgasan nantinya agar tetap menjaga faktor keamanan dan selalu bisa mengatasi situasi dan kondisi di tiap pos untuk menghindari terjadinya pelanggaran prajurit,” ujar Pangdam.

Dia menambahkan, penugasan Pamtas yang dilaksanakan mengandung tantangan dan resiko, terutama apabila dihadapkan pada situasi ada penyelundup narkoba menggunakan senjata api melaksanakan perlawanan sehingga terjadi kontak. Laksanakan tugas tersebut sesuai prosedur dan hindari terjadinya korban dan kerugian dalam pelaksanaan tugas.

“Para prajurit wajib melaksanakan latihan guna meningkatkan naluri tempur yang mumpuni dan membiasakan pelaksanaan tugas sesuai pos perbatasan disesuaikan kondisi wilayah dimana pos tersebut berada, selalu waspada dalam penugasan menjadi hal yang penting untuk dipedomani semua prajurit,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati
Sumber : Pendam VI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here