Pengurus Spartan DPD Kaltim Periode 2019-2024 Resmi Dilantik. Ini Agenda Kerjanya

0
395

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pengurus Squad Pariwisata Kalimantan (Spartan) DPD Kalimantan Timur periode 2019-2024 secara resmi dilantik, Senin (25/03/2019).

Pelantikan dilakukan pembina Spartan yang juga anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Kaltim, Muhammad Adam Sinte di ballroom Hotel Novotel Jalan Ery Suparjan Balikpapan, disaksikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan Oemy Facessly, tamu undangan serta puluhan relawan Spartan DPD Kalimantan Timur.

Dalam pelantikan ini, Anwar Cholis didaulat sebagai Ketua Umum Relawan Spartan periode 2019-2024. Anwar Cholis didampingi Mariana sebagai Bendahara dan Rosalina sebagai Sekjen Spartan DPD Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketua Umum Spartan DPD Kaltim, Anwar Cholis mengatakan, seperti yang disampaikan Dewan Pembina Spartan yakni Muhammad Adam Sinte dan Hetifah Sjaifudian bahwa pariwisata di Kaltim memang masih jauh tertinggal dengan daerah-daerah lain dan perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak, termasuk perhatian dari relawan Spartan.

Dia menambahkan, sesuai data dari bidang destinasi pariwisata Kementerian Pariwisata Indonesia menyatakan bahwa Kaltim untuk destinasi wisatanya masih tertinggal dan belum masuk dalam program unggulan.

Suasana pelantikan pengurus Spartan DPD Kalimantan Timur oleh anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim, Ir Muhammad Adam Sinte di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (25/03/2019).

“Mungkin ini akan menjadi tekad kami, perjuangan kami. Dan kami hadir dengan ketiadaan, namun dengan semangat tinggi serta cinta kami terhadap pariwisata Kaltim, semua itu akan kami perjuangkan agar Kaltim bisa bangkit menuju ekonomi kreatif, khususnya bidang pariwisata,” ujar Cholis.

Pasca pelantikan, terang Olle, sapaan akrab Anwar Cholis, pengurus Spartan DPD Kaltim yang berjumlah 40 relawan dari berbagai latar belakang ini akan langsung bekerja untuk menjalankan roda organisasi, salah satunya mengagendakan rapat kerja daerah (Rakerda) membahas program kerja 2019 yang rencananya akan dilaksanakan pada 30-31 Maret mendatang.

“Setelah pelantikan ini, kami telah mengagendakan rapat kerja daerah bagi seluruh pengurus yang rencananya akan dilaksanakan pada 30-31 Maret 2019 di Gifta Garden KM 23 Balikpapan,” papar Cholis.

Dewan Pembina Spartan Kaltim Muhammad Adam Sinte meminta pengurus Spartan untuk segera menyusun program kerjanya karena akan dikomunikasikan dengan Dinas Pariwisata Kaltim.

“Susun saja program kerjanya nanti akan saya komunikasikan dengan kawan-kawan di Dinas Pariwisata Kaltim,” ujar Muhammad Adam Sinte.

Pengurus Spartan DPD Kalimantan Timur periode 2019-2024 foto bareng dengan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, anggota Komisi II DPRD Kaltim Muhammad Adam Sinte dan dewan pembina Spartan usai pelantikan.

Pihaknya berharap, para pengurus Spartan Kaltim bisa segera melaksanakan audiensi dengan instansi terkait. “Jika dimungkinkan, dalam waktu dekat insya Allah kami akan membahas APBD-P di Juni, paling tidak APBD 2020 sudah ada kegiatan dari relawan Spartan yang bisa diakomodir di kegiatan kepariwisataan Kaltim,” tambah Adam.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dilantiknya para relawan pariwisata di kepengurusan Spartan Kaltim, karena menjadi salah satu wadah untuk memajukan pariwisata Kaltim, khususnya pariwisata di Balikpapan.

“Yang lebih penting adalah apa konsep-konsep yang akan dimunculkan. Begitu pula dengan terobosan-terobosan baru, inovasi, maupun lainnya karena pariwisata ke depan akan tergantung kepada kemampuan anak-anak muda kita,” ujar Hetifah.

Oleh karenanya, tidak mungkin di era revolusi industri 4.0 ini bisa memasarkan pariwisata Kota Balikpapan kalau tidak ada generasi mudanya seperti Spartan.

“Saya sangat bangga dan bersama Pak Adam ikut mendukung, bukan hanya memotivasi namun juga turut memfasilitasi hal-hal yang bisa memperkuat partisipasi publik seperti Spartan ini,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here