Sinkronkan Rencana Kebutuhan Tahunan, Asrendam VI Mulawarman Buka Bimtek RKA

0
62

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Bimbingan Teknis (Bimtek) Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun Anggaran 2020 digelar Kodam VI/Mulawarman di aula Makodam Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (26/03/2019).

Bimtek RKA 2020 ini dibuka secara resmi oleh Asrendam VI/Mulawarman Kolonel Arh Kunto Ridarto, S.I.P, MM dihadiri oleh Kasubdis Binsisfomin Disinfolahtad, Kolonel Chb Haris Kurniatama selaku Ketua Tim Bimbingan Teknis Penyusunan RKA TA 2020 beserta anggota, serta para asisten dan Kabalak.

Para peserta Bimtek RKA ini berasal dari berbagai Satuan Kerja (Satker) dan Sub Satker di wilayah jajaran Kodam VI/Mulawarman.

Asrendam VI/Mulawarman Kolonel Arh Kunto Ridarto dalam sambutan Pangdam VI/Mulawarman mengatakan,  tujuan dilaksanakannya Bimtek RKA adalah untuk mensinkronkan penyusunan rencana kebutuhan tahunan masing-masing Satker dan meyakinkan bahwa seluruh pejabat penyusun RKA menguasai cara menginput data ke dalam aplikasi RKA.

“Perubahan dan penambahan kode akun harus dipahami oleh para peserta, agar pada saat menginput data tidak terjadi kesalahan,” ujar Kunto.

Dia menambahkan, dokumen rencana kerja dan anggaran Kotama merupakan dokumen perencanaan tahunan yang bersifat bottom-up sebagai masukan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja dan Anggaran TNI AD, sehingga penyusunan dan pemutakhiran data baik personel maupun materiil, benar-benar harus cermat, teliti dan akurat,karena akan berpengaruh pada pelaksanaan program dan anggaran tahun 2020 yang akan datang.

Dia menekankan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga penyusunan RKA dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku. Hindari adanya pengajuan susulan ataupun perubahan sasaran program yang diakibatkan oleh ketidakvalidan data, tidak lengkap dan tidak komprehensip.

“Para Dan/Ka Satker selaku Kalakgiat agar bertanggung jawab penuh baik secara kuantitas maupun kualitas terhadap program dan anggaran yang dikelola serta waspadai pekerjaan lintas tahun, diberlakukannya DIPA sebagai otorisasi, maka tiap-tiap Satker harus membuat dan menyusun perencanaan secara akurat guna tercapainya akuntabilitas di jajaran TNI AD dan untuk meningkatkan opini penilaian BPK RI menjadi Wajar Tanpa Pengecualian,” tambah Kunto.

Sementara itu Asrena Kasad Mayjen TNI Dominicus Agusriyanto melalui sambutan yang dibacakan oleh Ketua Tim Sosialisasi RKA Kolonel Chb Haris Kurniatama menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menghimpun usulan RKA Satker yang akurat, meminimalisir perubahan sasaran dan Revisi Anggaran, mewujudkan konsistensi, dan kontinutas implementasi perencanaan yang akurat dan transparan serta sinkronisasi Renbutgar Satker dan Renbutgar TNI AD.

“Mengingat kegiatan ini sangat penting oleh karena itu diharapkan kepada semua perserta untuk memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan dari tim sehingga dapat diterima, dimengerti dan dilaksanakan dengan benar, tanyakan kepada tim berbagai permasalahan yang belum dipahami agar penyusunan RKA TNI AD 2020 semakin akurat sesuai dengan yang harapan,” kata Haris.

Penulis : Sigit Pendam VI
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here