Atraksi Pencak Silat Warnai Penutupan TMMD di Desa Martadah Baru

0
115

Kabargupas, TANAH LAUT – Penutupan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1009/Pelihari tahun 2019 di Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berlangsung seru, Rabu (27/03/2018).

Penutupan kegiatan TMMD 104 ini ditandai dengan upacara penutupan dengan inspektur upacara (Irup) Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman Bidang Ideologi Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, S.E.

Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman Bidang Ideologi Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, S.E dalam sambutannya mengatakan, sejalan dengan tema TMMD kali ini pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya.

“Setelah TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulannya,” kata Joao Xavier.

Sementara itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 104 Kodim 1009/Pelaihari Lekol Inf Bagus Budi Adrianto mengatakan, genap satu bulan penuh kegiatan TMMD 104 di Desa Martadah Baru ini, berati berakhirnya pelaksanaan program TMMD ke-104 Kodim 1009/Pelihari.

Dia menambahkan, antusias warga dalam menghadiri kegiatan penutupan TMMD 104 cukup tinggi. Hal ini dibuktikan setelan pelaksanaan upacara ada beberapa atraksi memeriahkan penutupan diantaranya aneka tari tarian dari murid TK Melati Martadah Baru, tarian dan habsi dari pelajar SMP Tambang Ulang serta lainnya.

Yang tak seru adalah atraksi Pencak Silat IKS dengan menunjukkan kebolehannya yakni membengkokkan besi dengan leher, memecahkan bata menggunakan kepala, memotong timun menggunakan pedang di atas perut hingga dilindas dengan epeda motor yg dikendarai sambil dihibur musik organ tunggal.

“Luar biasa antusias warga juga terlihat dalam stand di ketrampilan KUB, UKM & UP2K Desa Martadah Baru, Bazar, pengobatan gratis serta sunatan massal. Saya sangat berterimaksih dengan adanya kegiatan ini, sudah anaknya disunat gratis dapat bingkisan lagi,” ujar Bagus.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati
Sumber : Pendam VI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here