Jelang Masa Tenang, Satpol PP Jadwalkan Penertiban APK

0
362

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Jajaran Satpol PP Balikpapan jelang berakhirnya masa kampanye Pemilu 2019 akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Rencana penertiban APK tersebut menyusul akan berakhir masa kampanye dan memasuki masa tenang yang akan jatuh pada Sabtu 14 April 2019 pukul 24.00 Wita, atau Minggu 15 April dini hari.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Satpol PP Balikpapan Siswanto mengatakan, menjelang pelaksanaan pencoblosan Pemilu 17 April mendatang, atau masuk pada masa tenang pasca kampanye, Satpol PP akan melakukan penertiban APK yang ada di seluruh wilayah Kota Beriman, Balikpapan.

“Saat masuk masa tenang pasca kampanye, kita akan melakukan penertiban APK yang ada di Balikpapan. Namun, untuk melaksanakan penertiban tersebut kami telah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Balikpapan tentang mekanisme penertibannya,” ujar Siswanto saat ditemui Kabargupas.com di Kantor Satpol PP Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (11/04/2019).

Dia menambahkan, penertiban APK yang nantinya dilakukan Satpol PP Balikpapan, dipastikan akan dilaksanakan pada Minggu 15 April 2019. “Untuk jamnya, kita akan pastikan lagi jam berapa. Kalau soal personil, Satpol PP akan selalu siap kapan dan berapa. Kita nunggu arahan dari Bawaslu,” tambah Siswanto.

Dalam penertiban nanti, Siswanto menjelaskan, sebanyak 72 personil Satpol PP Balikpapan telah disiagakan. Mereka terdiri 12 personil Satpol PP masing-masing wilayah, ditambah personil cadangan untuk memberikan bantuan jika memang diperlukan.

“Seluruh personil Satpol PP masing-masing wilayah kita libatkan dalam penertiban APK nanti, plus satu regu disiapkan untuk membantu jika diperlukan,” papar Siswanto.

Dirinya berharap, pada penertiban APK yang melibatkan KPU dan Bawaslu Balikpapan nanti, selama pelaksanaannya akan berjalan aman dan lancar. Siswanto juga mengimbau kepada masing-masing partai politik ataupun para calon legislatif (caleg) untuk sadar dan berpartisipasi menurunkan APK-nya sendiri secara sukarela.

“Alangkah baiknya jika masing-masing parpol dan caleg menurunkan sendiri APK-nya agar tidak mengalami kerusakan, baik itu APK bergambar calon presiden maupun gambar calegnya,” tutupnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here