KPPU Selidiki Mahalnya Harga Tiket Pesawat Udara

0
221

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai melakukan penyelidikan terkait kasus kenaikan harga tiket pesawat udara. Pasalnya, harga tiket pesawat udara saat ini semakin tidak terkendali dan disinyalir ada permainan harga, yang diduga dilakukan para maskapai penerbangan.

Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih yang juga juru bicara KPPU mengatakan, mahalnya harga tiket pesawat udara yang dijual masing-masing maskapai penerbangan menjadi perhatian KPPU.

“Harga tiket pesawat udara yang semakin mahal akan kita tindaklanjuti guna mencari penyebab maupun masalahnya hingga harga tiket pesawat udara tersebut semakin tak terkendali,” kata Guntur, usai menggelar sidang pemaparan perkebangan kasus kenaikan tiket pesawat di Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Balikpapan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Selasa (09/04/2019) lalu.

Dia menambahkan, terdapat tiga kasus yang kini sedang diteliti yakni dugaan penetapan harga tiket, dugaan harga cargo dan dugaan rangkap jabatan  Garuda dan Sriwijaya.

“Inisiatif KPPU saat ini adalah melakukan penelitian terlebih dahulu, selanjutnya jika telah terdapat indikasi kuat atas pelanggaran tersebut, maka akan dilanjutkan ke tingkat penyelidikan,” terang Guntur.

Lebih lanjut Guntur menegaskan, investigator KPPU saat ini tengah mencari dua alat bukti. Rencananya pekan depan, investigator akan memaparkan kepada rapat komisi untuk melihat penemuan alat buktinya, apakah sudah pasti atau belum.

Pihaknya mengakui jika ada beberapa pelaku usaha yang akan dipanggil dalam pemeriksaan terhadap mahalnya harga tiket pesawat udara tersebut.

“Investigator kita sudah memanggil pihak-pihak terkait termasuk manajemen airline untuk mendukung alat buktinya, dan telah meminta penjelasan dari Kementerian Perhubungan terkait  penetap harga bersama. Termasuk rangkap jabatan di Garuda dan Sriwijaya,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here