Hari Libur, Disdukcapil Balikpapan Layani 44 Orang Rekam e-KTP

0
226

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan, Kalimantan Timur melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Minggu (14/04/2019).

Perekaman e-KTP ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan yang sehari sebelumnya dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan bagi warga Kota Minyak untuk menyalurkan hak pilihnya di Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Selain mengakomodir warga yang ingin menyalurkan hak pilihnya di Pemilu, perekaman e-KTP ini dilakukan juga bertujuan untuk mengakomodir warga yang akan belum pernah melakukan perekaman e-KTP atau anak yang baru memasuki usia 17 tahun.

Pelayanan perekaman e-KTP di hari libur yang dilaksanakan sejak 6 April lalu ini mendapat sambutan positif warga, salah satunya Rini Widiastuti.

Warga Jalan Jenderal Ahmad Yani Gunung Sari Ilir yang mengantarkan anaknya melakukan perekaman ini mengaku terbantu dengan dibukanya pelayanan perekaman e-KTP di hari libur.

“Sangat membantu sekali, sekaligus memberikan pelajaran bagi anak saya dalam pengurusan e-KTP. Sekalian ajak anak untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 17 April nanti,” ujar Rini.

Plt Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, perekaman e-KTP di hari libur yakni Sabtu dan Minggu, 13-14 April 2019 ini, Disdukcapil Balikpapan telah melayani perekaman terhadap 44 orang.

Meski hari libur, pelayanan perekaman e-KTP di laksanakan Disdukcapil Balikpapan dalam rangka memfasilitasi warga yang ingin menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, namun tidak memiliki Surat Keterangan (Suket).

“Sebanyak 44 orang sudah kita rekam data e-KTP nya, yakni 24 orang perekaman dilaksanakan pada Sabtu dan 20 orang direkam pada Minggu ini,” kata Hasbullah Helmi melalui pesan singkat WhatsApp yang dikirimkan kepada Kabargupas.com.

Menurut Helmi, sapaan akrab Hasbullah Helmi, dilaksanakannya perekaman e-KTP di hari libur ini guna memfasilitasi warga yang ingin menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, namun tidak memiliki Surat Keterangan (Suket), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan.

Layanan tambahan di hari libur ini dibuka pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita.

“Pada perekaman e-KTP ini kita utamakan adalah warga yang belum pernah melakukan perekaman atau warga yang baru pertama kali memiliki KTP alias warga berusia 17 tahun,” tambah Helmi.

Selain Sabtu dan Minggu, terang Helmi, pelayanan perekaman e-KTP ini juga akan dibuka saat pelaksanaan pencoblosan atau Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Saat pencoblosan 17 April, Kantor Disdukcapil Balikpapan tetap buka dan melayani warga yang ingin melakukan perekaman e-KTP,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here