Masa Tenang, 900 APK Ditertibkan Satpol PP Balikpapan

0
248

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Memasuki masa tenang jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK), Minggu (14/04/2019).

Hasilnya, sebanyak 900 lebih APK bergambar calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) serta foto wajah calon anggota legislatif (Caleg), baik poster, spanduk hingga baliho yang terpasang di reklame berbayar berhasil diturunkan.

Dalam penertiban ini, Satpol PP menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan untuk melakukan penertiban APK yang dipasang pemiliknya di tempat yang tinggi, yakni di papan reklame. Tak ketinggalan, petugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balikpapan juga turut hadir melakukan pengawasan saat penertiban APK ini digelar.

Kasi Ops Satpol PP Balikpapan Siswanto mengatakan, sebanyak 900 lebih APK berupa poster, spanduk dan baliho berhasil ditertibkan dengan cara diturunkan dan dibongkar dari lokasi pemasangan. Ratusan APK tersebut selanjutnya di naikkan ke mobil patroli dan truk petugas yang selanjutnya diserahkan kepada Bawaslu Balikpapan.

“Dari giat penertiban ini, sebanyak 900 APK berhasil kita tertibkan sebagai bentuk penegakan Peraturan Walikota (Perwali) Balikpapan serta PKPU yang sudah ditentukan. Selanjutnya, ratusan APK kita serahkan kepada Bawaslu Balikpapan,” ujar Siswanto kepada Kabargupas.com disela-sela kegiatan.

Menurut Siswanto, penertiban APK dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita dengan menyisir seluruh kawasan di Kota Minyak dengan melibatkan sebanyak 70 lebih petugas Satpol PP Balikpapan.

APK Caleg yang berada di pertokoan simpang Balikpapan Baru tak luput dari penertiban petugas Satpol PP Balikpapan, Minggu (14/04/2019).

Pada pelaksanaan penertiban APK ini, tambah Siswanto, petugas Satpol PP Balikpapan dihadang hujan yang cukup deras. Namun, petugas bergeming dan tetap melanjutkan penertiban APK tersebut.

“Meski diguyur hujan yang cukup deras serta aliran listrik masih menyala di tiang reklame, anggota kami tetap semangat dan penuh kehati-hatian menurunkan APK yang terpasang di papan reklame,” tambah Siswanto.

Dalam penertiban ini, puluhan petugas Satpol PP Balikpapan dibagi dalam enam kelompok untuk menurunkan APK yang tersebar di enam wilayah kecamatan, satu kelompok diantaranya khusus menurunkan baliho berukuran besar.

Pihaknya menyayangkan tidak adanya kepedulian dari Partai Politik (Parpol) maupun para Caleg untuk menurunkan sendiri APK-nya karena sudah masuk masa tenang jelang pelaksanaan Pemilu.

“Sayang, meski waktu telah menunjukkan pukul 16.00 Wita, hujan tak kunjung berhenti hingga disepakati kegiatan penertiban APK dihentikan dan akan dilanjutkan esok pagi,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here