Hari Kedua Masa Tenang, Satpol PP dan Bawaslu Diminta Tegas Tertibkan APK

0
249

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Meski masa tenang jelang Pemilu 17 April 2019 telah memasuki hari kedua, keberadaan Alat Peraga Kampanye (APK) bergambar Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden hingga gambar Calon Legislatif (Caleg) masih banyak terpasang di sejumlah kawasan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (15/04/2019).

APK tersebut terpasang di Jalan Protokol di Kota Minyak, diantaranya berada di tikungan Balikpapan SuperBlok (BSB) dan pertokoan depan Kompleks Perumahan SPN Jalan Jenderal Sudirman serta Jalan Pupuk Balikpapan Selatan.

Tentu saja keberadaan APK di Jalan Protokol Kota Beriman Balikpapan ini mendapat sorotan dari masyarakat, utamanya para pengemudi kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.

Tak jarang mereka menyayangkan kurang tegasnya aparat Satpol PP Balikpapan dalam melakukan penertiban APK di masa tenang jelang Pemilu 2019.

“Masa tenang jelang Pemilu harusnya seluruh APK sudah bersih, baik APK Capres maupun APK Caleg. Jangan dibiarkan karena menimbulkan kecemburuan bagi pendukung Paslon Capres maupun Caleg lainnya,” ujar Sumaryono, warga Prapatan saat ditemui Kabargupas.com di kawasan Balikpapan SuperBlok.

APK yang masih terpasang di pertokoan kawasan Stalkuda Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Selatan pada pukul 15.15 Wita.

Pihaknya juga meminta kepada Satpol PP dan Bawaslu Balikpapan untuk tegas dan tidak tebang pilih dalam melakukan penertiban APK Paslon Presiden dan APK Caleg yang ada di Kota Beriman.

“Harus dibersihkan, jangan ada tebang pilih. Kasihan Caleg yang APK-nya sudah dibongkar duluan. Berlaku adil lah,” tambah Sumaryono.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Balikpapan Wamustofa Hamsah mengakui jika masih ada APK bergambar Paslon  Presiden dan Caleg yang belum diturunkan oleh pemiliknya, maupun oleh Satpol PP Balikpapan.

“Sejak hari pertama masuk masa tenang jelang Pemilu, kita sudah menghubungi pemilik APK, mereka berjanji akan membongkar sendiri APK-nya. Tapi hingga hari kedua APK tetap masih terpasang. Nanti kita koordinasikan lagi dengan Satpol PP Balikpapan untuk tindak lanjutnya,” ujar Wamustofa saat ditemui di Sekretariat Bawaslu Balikpapan Jalan Martadinata.

APK yang masih berdiri di Jalan Pupuk Balikpapan Selatan terpantau pada pukul 12.30 Wita.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh Parpol maupun pendukung Paslon Presiden dan para Caleg untuk mentaati peraturan yang sudah ditentukan yakni tentang masa tenang jelang Pemilu yang bebas dari APK.

“Kami mengimbau kepada para Caleg maupun pendukung Paslon Presiden untuk segera menurunkan sendiri APK-nya,” tambah Topan, sapaan akrab Wamustofa.

Sementara itu, Pemilik APK yang berada di tikungan BSB, H. Tamsil saat dikonfirmasi Kabargupas.com melalui pesan singkat WhatsApp pada pukul 12.15 Wita belum mendapat tanggapan.

Saat media ini kembali melakukan pantauan sekitar pukul 15.15 Wita, keberadaan APK masih terlihat menempel di dinding pondasi bangunan. Tepat pukul 15.55 Wita pemilik APK H. Tamsil baru memberikan tanggapannya melalui pesan singkat WhatsApp.

“Oke bongkar ditunggu bos,” ujar H. Tamsil singkat.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here