Pastikan Kesiapan Pemilu, Wali Kota dan FKPD Sidak TPS

0
186

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna memastikan kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan petugas KPPS jelang Pemilu 2019, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Balikpapan melakukan sidak ke sejumlah TPS, Selasa (16/04/2019).

Hadir mendampingi Wali Kota Balikpapan, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dan Ketua Bawaslu Balikpapan Agustan serta sejumlah pejabat Pemkot Balikpapan.

Enam TPS di masing-masing kecamatan jadi sasaran sidak alias kunjungan yakni TPS 14 Klandasan Ulu, Jalan Wiluyo Puspoyudo, Kecamatan Balikpapan Kota, TPS 14 Kelurahan Lamaru, Jalan Mulawarman Kecamatan Balikpapan Timur dan TPS 23 Kompleks Perumahan Balikpapan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Selanjutnya, rombongan bergerak mengunjungi TPS 36 Jalan Projakal Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara, TPS 03 Kelurahan Margasari Jalan Letjen Suprapto Kecamatan Balikpapan Barat, serta TPS 37 Kompleks Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat kesiapan TPS berikut petugas KPPS jelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019.

“Kunjungan ini kita lakukan untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Pemilu di TPS. Kita berharap semuanya berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan hingga pelaksanaan pencoblosan,” kata Rizal Effendi disela-sela peninjauan di salah satu TPS.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (4 dari kanan) bersama FKPD mendapat suguhan kelapa muda saat sidak di salah satu TPS, Selasa (16/04/2019).

Apalagi sebagian petugas KPPS-nya sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu di masing masing TPS. Jadi, tambah Rizal, dari kesiapan mereka tidak diragukan lagi, tinggal nanti kelancaran dan situasi bisa tergantung dari pemilihnya.

Terkait tempat, ujar Rizal, rata rata semua yang dikunjungi telah memenuhi syarat, termasuk penyediaan tempat untuk saksi hingga ada yang bisa menyediakan tempat untuk 40 saksi.

“Tinggal menunggu KPU saja karena masih ada TPS yang logistiknya masih belum lengkap, diantaranya di Lapas Balikpapan. Semua siap,” terang Rizal.

Sementara itu, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, secara umum seluruh TPS siap melaksanakan kegiatan pencoblosan pada Pemilu 2019 ini.

“Secara umum semua sudah siap. Hanya saja waktu saya tinggal masih ada yang belum lengkap logistiknya yakni Kelurahan Telagasari, yakni lidah untuk mengaitkan gembok kehabisan sehingga harus minta ke PPU. Di PPU, lidah gembok tersebut justru kelebihan,” kata Noor Thoha.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here