Tingkatkan Wawasan, Murid SDN 003 Kunjungi Penangkaran Rusa di Pertamina

0
96

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Puluhan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Balikpapan mengunjungi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) untuk melihat penangkaran Rusa Sambar dan Rumah Taman Anggrek milik Pertamina Jalan Yos Sudarso Balikpapan.

“Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dari program Green Care School Pertamina, yaitu program pembinaan kepada sekolah agar berwawasan lingkungan. Salah satu agenda yang dilakukan adalah memperkenalkan satwa dan flora endemik khas Kalimantan kepada para siswa sekolah binaan CSR Pertamina” ujar Heppy Wulansari, Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Senin (29/04/2019).

Menurut Heppy, penangkaran Rusa Sambar dan Rumah Taman Anggrek merupakan upaya TBBM Balikpapan untuk mengembangkan keanekaragaman hayati di lingkungan operasi TBBM.

“Penangkaran Rusa Sambar yang berlokasi di halaman depan TBBM Balikpapan, dilaksanakan mulai tahun 2013 dan berhasil mengembangbiakan 6 ekor rusa hingga kini berjumlah 18 ekor rusa,” terang Heppy.

Dia menambahkan, selain penangkaran Rusa Sambar, di belakang kantor TBBM juga ada Rumah Taman Anggrek. Di lokasi ini para murid melihat langsung lima varian anggrek yang dirawat dan dikembangkan, yaitu anggrek eria, jenggot musa, tanah hingga anggrek hitam dan anggrek vanda.

Puluhan murid SDN 003 tampak antusias saat mengunjungi taman Anggrek di TBBM Pertamina Balikpapan.

Dalam kunjungan, tutur Heppy, seluruh murid terlihat antusias ketika diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan memberi makan rusa di lokasi penangkaran. Salah satunya adalah Agra, murid kelas 4, menyatakan dirinya sangat senang bisa melihat langsung rusa dari dekat. Pasalnya, selama ini dirinya hanya melihat rusa di buku dan televisi saja.

Setelah melihat Rusa Sambar dan bunga anggrek, para murid mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan penyaluran bahan bakar yang dilakukan di TBBM Balikpapan.

Operation Head TBBM Balikpapan Rahdian Mahardika menyatakan, melalui program pengenalan CSR dan kegiatan operasi TBBM Balikpapan, diharapkan para murid mendapatkan tambahan wawasan dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap lingkungan, selaras dengan tujuan program Green Care School itu sendiri untuk menciptakan generasi penerus yang peduli dan cinta terhadap lingkungan.

“Hal tersebut juga merupakan wujud komitmen Pertamina dalam menjalankan operasi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan serta terus berupaya menyebarkan semangat cinta lingkungan tersebut ke masyarakat sekitar,” tutup Rahdian.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here