Sumbangsih Pelaku Pendidikan, Luncurkan 37 Judul Buku di Hardiknas

0
74

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 melalui upacara bendera di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (02/05/2019).

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bertindak sebagai inspektur upacara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan upacara ini dihadiri sekitar 4.500 undangan, yang terdiri dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Struktural Disdikbud, Pengawas, Kepala Sekolah, perwakilan guru, mahasiswa, siswa-siswi tingkat SMA/SMK, SMP, SD, hingga TK. 

“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan kepada perjuangan pahlawan-pahlawan pendidikan di Indonesia terutama Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional,” kata Muhaimin.

Tema Hardiknas 2019 yaitu Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan. Sebagai bentuk profesionalisme para pendidik dan praktisi pendidikan di Balikpapan, pada peringatan Hardiknas ini diluncurkan 37 judul buku yang merupakan hasil karya pendidik dan peserta didik, termasuk buku “Nahkoda Terpercaya” karya Kepala Disdikbud.

“Buku-buku ini merupakan sumbangsih dari pelaku pendidikan di Balikpapan untuk mendukung program Gerakan Literasi Nasional,” lanjut Muhaimin.

Sebelum membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang bertindak sebagai inspektur upacara menyerahkan piagam penghargaan kepada 59 (lima puluh sembilan) Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa yang Berprestasi dalam berbagai kategori.

Adapun kategori yang diberikan penghargaan, yaitu: Pengawas, Kepala Sekolah dam Guru Berprestasi Tingkat TK, SD, dan SMP, Guru Berprestasi dalam Olimpiade Guru Nasional Tingkat Provinsi jenjang SD, Siswa Berprestasi dalam OSN Tingkat SD dan SMP, juga Apresiasi kepada  Pengelola, Pendidik Kelompok Belajar (KB))/ Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)/ Satuan PAUD Sejenis (SPS),  Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Lomba Kepala SKB, Lomba Pamong Belajar SKB,  Lomba Instruktur Tata Rias Pengantin, Lomba Instruktur Tata Busana, Lomba Tutor Pendidikan Kesetaraan.

Suasana upacara peringatan Hardiknas di lapangan Merdeka Balikpapan.

Muhaimin mengatakan dalam upacara ini juga diserahkan piagam penghargaan kepada 22 perusahaan atau institusi yang berpartisipasi dalam program pendidikan di Balikpapan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

“Kami ucapan terima kasih kepada mereka yang selama ini telah memberikan dukungan berupa berupa pelatihan bagi pendidik, pengembangan sarana dan prasarana perpustakaan, peningkatan karakter,  TIK, lingkungan, Matematika dan Sains untuk peserta didik,” paparnya.

Selain mendengar Amanat Menteri Pendidikan Nasional, Upacara Hardiknas 2019 dimeriahkan atraksi marching band dari 100 siswa yang merupakan gabungan dari 4 sekolah, yaitu SMPN 1, SMPN 12, SMP PD 2, dan SMP Kartika. Ada juga penampilan 1.100 siswa SD yang menampilkan atraksi Senam  Jadoel yaitu Reproduksi Senam Kesegaran Jasmani  tahun 1984.

Peringatan Hardiknas 2019 juga diisi dengan kegiatan lain yaitu Fun Run yang melibatkan 750 orang guru dan siswa jenjang SD/SMP di Halaman Disdikbud Balikpapan pada Jumat pagi (03/05/2019). Pada malam harinya akan diadakan Pagelaran Karawitandan Wayang Kulit di Halaman Disdikbud.

“Sesuai tema Hardiknas maka Disdikbud akan tetap berupaya memajukan kebudayaan daerah yang beraneka ragam di Nusantara tercinta ini,” katanya.

Muhaimin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan peringatan Hardiknas 2019 di Balikpapan.

“Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap pejabat dan staf Disdikbud Kota Balikpapan, K3S SD, MKKS SMP, SMA dan SMK, para pihak yang memberikan bantuan demi kelancaran acara yaitu  Polresta Balikpapan, Pertamina, dan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati
Sumber : Diskominfo Balikpapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here