Idul Fitri di Balikpapan Diwarnai Kebakaran, Tiga Ruko Ludes Dilalap Si Jago Merah

0
260

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Hari pertama perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Balikpapan, Kalimantan Timur, diwarnai dengan peristiwa kebakaran, Rabu (05/06/2019) pagi tadi.

Sebanyak 3 rumah toko (rumah warga yang difungsikan sebagai tempat usaha) di kawasan Kilometer 2 Kelurahan Gunung Samarinda tepatnya di depan eks gedung Bioskop Dian Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Balikpapan Utara, ludes dilalap si jago merah.

Seorang warga bernama Mulyadi mengalami luka bakar hingga 70 persen setelah tersambar api saat peristiwa kebakaran terjadi. Korban diduga penghuni ruko yang juga memiliki usaha Pertamini (penjual BBM eceran).

“Api pertama kali terlihat di salah satu ruko yang menjual BBM eceran. Kobaran api tampak membesar karena tiupan angin yang cukup kencang di lokasi kejadian,” ujar Sunoto, pengendara motor yang melintas di dekat lokasi kejadian.

Dia menambahkan, warga yang sedang bersilaturahmi ke sanak keluarga untuk merayakan Lebaran, berusaha memadamkan api dengan alat sekadarnya. Beruntung, Pos Pemadam Kebakaran yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Petugas BPBD Balikpapan yang datang bersama mobil pemadam kebakaran langsung bergegas ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk memadamkan kobaran api.

Korban saat mendapat penanganan intensif dari tim medis RSKD Balikpapan.

Dalam waktu satu jam, kobaran api yang menghanguskan tiga ruko di lokasi tersebut dapat dikuasai, setelah belasan mobil pemadam berikut petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman.

Informasi yang didapat kabargupas.com dari warga sekitar, dugaan sementara dari peristiwa kebakaran ini disebabkan oleh keteledoran korban yang diduga merokok didekat Pertamini hingga menyambar BBM yang ada sekitarnya.

“Korban mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya hingga 70 persen. Korban sekarang di Rumah Sakit Umum Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan guna mendapatkan perawatan intensif. Dugaan sementara, penyebab kebakaran akibat percikan api rokok yang mengenai BBM,” kata Kepala BPBD Balikpapan, Suseno saat ditemui media ini.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan karena saat ini petugas kepolisian tengah melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab peristiwa kebakaran ini terjadi.

Akibat peristiwa kebakaran, arus lalu lintas dari arah Samarinda menuju kawasan Muara Rapak dialihkan ke Jalan Inpres IV – Gunung Pipa dan Muara Rapak. Begitu pula sebaliknya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here