Banjir di Samarinda Lumpuhkan Bandara APT Pranoto

0
182

Kabargupas.com, SAMARINDA – Hujan yang mengguyur Kota Samarinda sekitar 7 jam lebih lamanya membuat sejumlah akses penting di Kota Tepian ini mengalami lumpuh, Minggu (09/06/2019).

Bahkan, akibat banjir yang melanda Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini menyebabkan Bandara APT Pranoto Samarinda ditutup sementara, menunggu hujan reda dan genangan air di sekitar bandara surut.

Pasalnya, genangan air yang cukup tinggi juga menyebabkan akses jalan utama menuju Bandara APT Pranoto Samarinda ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Petugas Basarnas Kaltim dan BPBD Samarinda membantu warga naik ke truk untuk melintasi kawasan banjir menuju Bandara APT Pranoto Samarinda.

Untuk membantu warga yang akan ke Bandara APT Pranoto Samarinda, petugas gabungan dari Basarnas Kaltim, BPBD Samarinda, TNI Polri hingga relawan kemanusiaan di Samarinda berusaha membantu dengan menyediakan truk untuk membawa warga yang akan melintasi banjir tersebut.

Sejumlah kawasan yang mengalami banjir dan tidak dapat dilalui kendaraan adalah kawasan RSUD AW Syachranie, Samarinda, termasuk melumpuhkan akses jalan trans Kaltim, dari Bontang ke Samarinda maupun arah sebaliknya.

“Susah mas mau ke bandara, semuanya jalanan tertutup banjir. Mobil dan motor tidak berani menerjang banjir karena ketinggian banjir cukup mengkhawatirkan. Untung ada truk petugas, jadi saya dan keluarga tidak terlambat tiba di bandara,” ujar Dewi saat ditemui Kabargupas.com.

Salah satu sudut Kota Samarinda yang diterjang banjir hingga melumpuhkan aktivitas warga.

Menurut Dewi, banjir yang menerjang Kota Samarinda terlihat mulai dari kawasan Jalan PM Noor, simpang Mall Lembuswana, simpang empat Jalan Basuki Rahmat, Jalan Agus Salim serta lainnya.

“Pokoknya hampir seluruh Kota Samarinda dikepung banjir. Kami sangat kesulitan mau ke bandara,” tambah Dewi,  warga Jalan Agus Salim yang akan berangkat ke Surabaya.

Menurut Dewi, banjir parah yang membuat dirinya dan keluarga kesulitan menuju bandara untuk mengejar penerbangan ke luar Samarinda ada di akses Jalan Poros Bontang – Samarinda menuju Bandara APT Pranoto yang ketinggiannya hampir satu meter.

“Jalan menuju Bandara APT Pranoto Samarinda ketinggiannya cukup lumayan. Kami jika tidak naik truk bisa ketinggalan pesawat,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Sugiarto
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here