Hujan, Ratusan Rumah Warga di Balikpapan Terendam Banjir

0
111

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Hujan deras yang terus mengguyur sejak dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah kawasan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (17/06/2019).

Banjir terjadi hampir di seluruh kawasan rendah dan rentan genangan air di kota ini, diantaranya di kawasan Jalan Beller, Jalan MT Haryono, Jalan BJ- BJ Sungai Nangka, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang serta lainnya.

Yang terparah, banjir merendam ratusan rumah warga di kawasan Jalan Beller dan Jalan Al-Makmur, serta Gang Mufakat, Kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Selatan dan Kampung Timur, Balikpapan Utara.

Di Jalan Beller misalnya, ketinggian banjir mencapai 1,5 meter hingga hampir menenggelamkan ratusan rumah warga dan memutuskan akses jalan bagi warga sekitar.

“Akibat hujan turun terus menerus dengan intensitas yang cukup deras membuat sejumlah kawasan di Balikpapan mengalami banjir. Yang paling parah di kawasan Jalan Beller ini,” ujar Iwan, petugas BPBD Balikpapan saat ditemui awak media.

Untuk membantu warga yang menjadi korban banjir, petugas dari tim SAR gabungan seperti BPBD Balikpapan, Basarnas, Banda Indonesia, TNI Polri serta lainnya turun memberikan bantuan berupa perahu karet untuk mengevakuasi warga.

Petugas dari Satlantas Polres Balikpapan terpaksa mengalihkan arus lalu lintas kendaraan yang akan melintasi jalan tergenang air sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi pada pengendara kendaraan, utamanya sepeda motor.

“Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terhadap pengendara sepeda motor saat menerjang banjir, arus lalu lintas terpaksa kita alihkan. Salah satu kawasan yang rawan adalah Jalan Beller,” ujar Kasat Lantas Polres Balikpapan, AKP Noordhianto.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here