Jalan Sehat Hari Bhayangkara Ke-73, Ribuan Warga Padati Lapangan Merdeka

0
190

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Ribuan warga dari berbagai wilayah di Balikpapan, Kalimantan Timur memadati lapangan Merdeka Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Minggu (23/06/2019).

Ribuan warga Kota Minyak ini mengikuti jalan sehat berhadiah yang digelar Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019.

Jalan sehat berhadiah 4 tiket umroh dan 10 unit sepeda motor ini dilepas oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto bersama Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Dalam kegiatan ini, ribuan peserta jalan sehat menempuh jarak kurang lebih 3 km mengitari lapangan Merdeka Balikpapan, dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman hingga melewati kawasan perumahan Pertamina dan kembali lagi ke lapangan Merdeka.

Selain jalan sehat, di acara ini juga dilaksanakan Deklarasi Damai Menolak Kerusuhan yang pelaksanaannya dilakukan sejumlah perwakilan elemen masyarakat Kaltim, mulai Sultan Kutai Kartanegara hingga tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama serta lainnya.

Deklarasi Damai Menolak Kerusuhan ini ditandai dengan penandatanganan spanduk bentuk dukungan oleh Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman Wali Kota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan hingga partisipasi dari peserta jalan sehat.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto bersama Pangdam VI Mulawarman dan perwakilan tokoh agama membubuhkan tanda tangan bentuk dukungan menolak kerusuhan.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan, dilaksanakannya deklarasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kalimantan Timur, khususnya warga Balikpapan menolak segala bentuk kerusuhan.

“Apapun bentuk kerusuhan yang terjadi tersebut dampaknya sangat merugikan seluruh masyarakat, seperti yang terjadi pada 21 dan 22 Mei 2019 lalu,” ujar Priyo.

Dia menambahkan, agar peristiwa tersebut tidak terjadi kembali di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Timur dan khususnya Kota Balikpapan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menolak segala bentuk kerusuhan itu.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kaltim, khususnya Kota Balikpapan untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dengan melakukan deteksi dini serta menjaga kedamaian dan ketentraman masyarakat,” tambah Priyo.

Sementara itu, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, jajaran TNI melalui Kodam VI/Mulawarman mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan Polri, khususnya dalam menjaga keamanan di wilayah Kalimantan Timur.

“Salah satu bentuk dukungan itu adalah menolak segala bentuk kerusuhan,” tegas Pangdam.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here