Ratusan Warga Ngapak Hadiri Halal Bilhalal Bergalang di Damai Bahagia

0
556

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Halal bilhalal digelar keluarga besar warga Brebes, Tegal, Pemalang, Batang dan Pekalongan (Bergalang) di Jalan MT Haryono Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (30/06/2019).

Halal bilhalal yang dilaksanakan di halaman kediaman HM. Jazuli, Gang Anggrek RT 10 Kelurahan Damai Bahagia ini dalam rangka menjalin silaturahmi pasca lebaran atau Idul Fitri 1440 hijriah.

Silaturahmi warga Ngapak, Jawa Tengah di Kota Minyak ini dihadiri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua Paguyuban Se-Balikpapan Leo Sukoco, Ketua Umum Ikatan Komunitas Ngapak Kaltim Kiat Santoso, perwakilan sejumlah paguyupan serta ratusan warga Bergalang di Balikpapan.

Tak sekadar sebagai ajang silaturahmi, acara ini dilaksanakan juga sebagai wadah untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama warga perantau asal Jawa Tengah, khususnya warga Ngapak.

Bersalaman menjadi salah satu momen tersendiri dalam halal bilhalal untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama warga Balikpapan, khususnya warga Bergalang Kota Balikpapan.

Ketua Pengurus Forum Silaturahmi Warga Bergalang Kota Balikpapan Suntoro mengatakan, halal bilhalal yang digelar Forum Silaturahmi Warga Bergalang Kota Balikpapan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun pasca lebaran. Tujuannya, untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama warga Ngapak di Balikpapan.

“Halal bilhalal yang digelar ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan warga Bergalang dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi pasca lebaran,” kata Suntoro kepada Kabargupas.com.

Dengan kegiatan ini, dirinya berharap tali silaturahmi dan persaudaraan sesama warga Bergalang dan warga Ngapak Jawa Tengah tetap terjaga. Pihaknya juga berterima kasih atas kehadiran Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang telah menyempatkan diri ke acara ini, di sela-sela kesibukannya menjalankan tugas.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Wali Kota Balikpapan, Bapak Rizal Effendi yang sudah berkenan hadir dalam acara ini. Terima kasih Pak Rizal,” tambah Suntoro.

Pengurus dan panitia kegiatan antusias foto bareng usai halal bilhalal warga Bergalang Balikpapan.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya menyambut baik halal bilhalal yang dilaksanakan warga Bergalang Balikpapan untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama warga Kota Balikpapan.

“Silaturahmi yang sudah terjalin cukup  baik ini hendaknya tetap dijaga dan dipertahankan. Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan, saya mengapresiasi,” kata Rizal.

Halal bilhalal yang dihadiri sekitar 300 lebih warga Ngapak Jawa Tengah ini juga diisi dengan ceramah agama Islam tentang makna halal bilhalal yang disampaikan oleh KH. Muhammad Abbas Al Fas. Sebelumnya, juga diisi dengan lagu puji pujian dari grup hadrah Shabab Tasbih Kota Balikpapan dan lantunan ayat suci Al-Quran.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here