Belajar Kelola Kebersihan, DPRD Kapuas Sambangi Balikpapan

0
249

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kunjungan kerja dilakukan anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) di DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (02/07/2019).

Kunjungan kerja para Wakil Rakyat Kabupaten Kapuas ini bertujuan untuk studi banding tentang Arahan Kebijakan Pemerintah Daerah dan Dukungan DPRD Dalam Meraih Adipura.

Rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin G. S.Hut ini diterima oleh Kabag Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan Asgem bersama perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Rusdiana dan Septorini W. Widiarsi.

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Kapuas di DPRD Balikpapan untuk menggali informasi tentang lingkungan hidup dan penanganan kebersihan, utamanya dalam meraih penghargaan Adipura.

“Kita tahu bahwa Balikpapan adalah salah satu kota yang diakui kebersihan hingga meraih puluhan kali penghargaan di bidang kebersihan berupa piala Adipura,” kata Algrin.

Oleh karena itu, tambah Algrin, prestasi yang sudah diraih Kota Balikpapan ini patut apresiasi dan dicontoh serta menjadi acuan bagi Kabupaten Kapuas. Nantinya, hasil dari sambang di Kota Beriman tentang pengelolaan kebersihan ini dapat diterapkan di Kabupaten Kapuas.

“Hasil dari studi banding di Balikpapan ini nantinya kita terapkan agar Kabupaten Kapuas bisa seperti Kota Balikpapan,” tambahnya.

Suasana penerimaan kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Kapuas oleh Sekretariat DPRD Balikpapan bersama OPD Pemkot Balikpapan, Selasa (02/07/2019).

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Rusdiana mengatakan, DLH Balikpapan dalam melaksanakan pengelolaan kebersihan tidak hanya mendapat dukungan pemerintah kota, namun juga dukungan dari DPRD Balikpapan.

“Dukungan dari DPRD Balikpapan sangat penting bagi kami, karena anggaran untuk pengelolaan kebersihan kota juga ditentukan oleh anggota DPRD,” ujar Rusdiana.

Dia menambahkan, anggaran untuk pengelolaan kebersihan yang digelontorkan melalui APBD Kota Balikpapan melalui persetujuan DPRD Balikpapan, pada 2014 lalu bidang kebersihan DLH Balikpapan mendapatkan anggaran sebesar Rp 35 miliar, 2015 sebesar Rp 60 miliar, 2016 sebesar 50 miliar, 2017 sebesar Rp 50 miliar, 2018 sebesar Rp 53 miliar.

“Untuk DLH secara keseluruhan anggaran yang didapat dari APBD Balikpapan sekitar Rp 90 miliar,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan Asgem mengatakan, DPRD Balikpapan menyambut baik kedatangan rombongan anggota DPRD Kabupaten Kapuas yang melakukan studi banding tentang pengelolaan lingkungan hidup, khususnya dalam meraih penghargaan Adipura.

“Rombongan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kapuas ini menggali sejumlah informasi penting diantaranya tentang pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan. Dan semuanya sudah dijelaskan oleh OPD terkait,” kata Asgem.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here