DPRD Soppeng Studi Banding Soal Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD

0
279

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 10 anggota DPRD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan mendatangi DPRD Kota Balikpapan, untuk studi banding tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018, Rabu (03/07/2019).

Rombongan anggota DPRD Kabupaten Soppeng yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Hj. Andi Patappaunga dan Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Soppeng Andi Mapparemma, M, SE, MM ini diterima Kabag Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan, Asgem.

Penerimaan para Wakil Rakyat Kabupaten Soppeng oleh Asgem seorang diri ini karena anggota DPRD Balikpapan tengah menjalankan tugas di luar daerah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Andi Mapparemma mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan DPRD Kabupaten Soppeng ini bagian dari studi banding pertanggungjawaban pelaksanaan kepala daerah tentang APBD 2018.

“Kenapa kami melakukan ini karena pembahasan-pembahasan sebelumnya jauh berbeda dengan pembahasan untuk pertanggungjawaban tahun 2018. Ini disebabkan karena adanya perubahan tata tertib berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12. Itulah yang penyebabnya sehingga pembahasan-pembahasan, baik pelaksanaan pertanggungjawaban APBD pokok mau perubahan akan langsung dibahas melalui badan anggaran (banggar) DPRD Soppeng, dan tidak seperti tahun sebelumnya,” ujar Mapparemma.

Usai pertemuan, penyerahan cenderamata menjadi acara puncak dari kegiatan kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Soppeng di DPRD Kota Balikpapan, Rabu (03/07/2019).

Dia menambahkan, hal itulah yang mendasari pihaknya melakukan kunjungan kerja di DPRD Balikpapan untuk menyamakan persepsi terkait masalah ini berdasarkan PP Nomor 12 tentang Tata Tertib DPRD yang baru.

“Jadi kunjungan ini untuk mendapatkan rekomendasi atau referensi-referensi bagaimana mekanisme yang dilakukan oleh DPRD Balikpapan terkait pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018,” paparannya.

Sementara itu, Kabag Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan Asgem mengatakan, untuk pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Namun, DPRD Balikpapan untuk saat ini pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD  tersebut masih dalam proses.

“Sebenarnya permasalahan ini tidak jauh berbeda, Namun, sementara ini pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD di Balikpapan saat ini masih dalam proses,” kata Asgem.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here