Penataan, Budiono: Sangat Penting Untuk Lindungi PKL

0
164

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Maraknya keberadaan pedagang kaki lima (PKL) dan kuliner di Balikpapan mendapat tanggapan dari anggota Komisi 2 DPRD Balikpapan, Budiono.

Politisi PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Barat ini menilai, penataan sangat penting untuk melindungi PKL dan meningkatkan pendapatan daerah.

Menurut Budiono, pemaparan hasil penyusunan kajian akademik tentang penataan pusat PKL dan Kuliner Sebagai Ruang Publik pada gelaran Focus Group Discussion (FGD) DPRD Balikpapan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang beberapa waktu lalu ini, sangat penting agar PKL di Kota Beriman benar-benar terlindungi.

“Selain itu, kajian ini juga untuk menata para PKL yang berjualan agar tidak disembarang tempat, namun tertata rapi hingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan,” kata Budiono saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (04/07/2019).

Dia menambahkan, yang terpenting penataan PKL dan Kuliner tersebut bertujuan agar estetika kota bisa tetap terjaga, termasuk tentang kebersihannya. Jadi, ketika PKL sudah ditata, maka tidak ada lagi yang semerawut dan kelihatan kumuh.

“Dari situlah nanti akan mendapat reward-nya, seperti retribusi, peningkatan pariwisata yang mengacu ke kuliner serta lainnya,” tambah Budiono.

Budiono menjelaskan, PKL dan kuliner di Balikpapan saat ini sudah sangat banyak yang menempati sejumlah spot-spot, salah satunya di Taman Bekapai depan Kantor PLN Balikpapan.

“Di lokasi itu, kalau ditata dengan baik dan ditetapkan sebagai lokasi percontohan tentu sangat bagus dan bisa menjadi daya tarik tersendiri,” terangnya.

Dia menambahkan, keseragaman tenda dan gerobak atau rombong jualan juga sangat menentukan daya tarik PKL dan kuliner ini. Begitu pula keberadaan PKL yang ada di lapangan Foni dan Melawai, juga harus mendapat perhatian dari OPD terkait.

“Selain di depan Kantor PLN Balikpapan, PKL dan kuliner yang juga menjadi perhatian DPRD Balikpapan ada di kawasan lapangan Foni Balikpapan Barat dan di kawasan Melawai Kecamatan Balikpapan Kota juga harus mendapat perhatian dari OPD terkait,” tutup Budiono.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here