HUT Bhayangkara Ke-73, Polda Kaltim Hadirkan Saskia Gotik dan Tukul Arwana

0
150

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Diiringi hujan yang cukup deras, upacara HUT Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 yang digelar Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) di Lapangan Merdeka Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, berlangsung khidmat, Rabu (10/07/2019).

Upacara dipimpin Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dihadiri Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan sekitar 700an undangan lainnya. Ratusan undangan ini diantaranya para pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kaltim hingga FKPD sejumlah daerah di Kaltim, seperti pimpinan DPRD Kaltim dan  DPRD Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan, Komandan Lanal Balikpapan, Komandan Lanud Domber Balikpapan serta lainnya.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Kaltim dengan melihat kondisi pasukan sebagai peserta upacara serta penyerahan penghargaan bagi personel Polda Kaltim. Selain dari personel dari Polda Kaltim dan prajurit Kodam VI/Mulawarman, juga tampak hadir ratusan pelajar dan santri dari sejumlah pondok pesantren di Kota Minyak.

Sejumlah artis ibukota hadir meramaikan puncak acara syukuran HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 di lapangan Merdeka Balikpapan, diantaranya Saskia Gotik, Tukul Arwana serta lainnya.

Tentu saja kehadiran dua artis ibukota yang biasa tampil di layar kaca salah satu tv swasta nasional ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, utama bagi warga Kota Beriman Balikpapan. Dalam kegiatan ini, Polda Kaltim juga menyediakan makan gratis bagi warga yang hadir di syukuran HUT Bhayangkara ke-73 ini.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional.

Tradisi pedang pora ditampilkan pada HUT Bhayangkara ke-73 yang digelar Polda Kaltim di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (10/07/2019).

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis,” ujar Priyo Widyanto.

Lebih lanjut, Priyo menambahkan, seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Kendati demikian, Presiden melihat Polri masih memiliki banyak tantangan di masa depan.

Presiden, ujar Priyo, berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Dan, meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.

“Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat, meningkatkan profesionalisme serta  transparansi dalam penegakan hukum, dan memberikan rasa adil kepada masyarakat,” tuturnya.

Upacara HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 dimeriahkan dengan devile peserta upacara, mulai personel Polri, TNI hingga devile ratusan santri dan kendaraan. Selanjutnya, tradisi pedang pora untuk melepas anggota kepolisian yang purna tugas juga dilaksanakan, serta syukuran peringatan HUT Bhayangkara ke-73 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Kaltim.

Penulis : Wahyu Sugiarto
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here