Mudahkan Pengguna Go Tix Berkurban, Go Jek Kolaborasi Dengan 5 Lembaga Amil Zakat

0
172

Kabargupas.com, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, sejumlah lembaga amil zakat nasional (Laznas) melakukan kerja sama dengan Grup Go Jek dengan memanfaatkan Go-Tix, layanan platform on-demand terkemuka untuk penyedia tiket di Indonesia. Mulai 12 Juli 2019 hingga perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H pada 11 Agustus 2019 mendatang.

Para pengguna Go Jek akan memperoleh kemudahan akses dalam mengikuti kegiatan dan menjalankan ibadah kurban melalui program “Berkah Iduladha”. Hal ini sejalan dengan upaya Go Tix untuk terus membuka akses masyarakat ke berbagai event di tanah air.

Memanfaatkan kolom “Berkah Iduladha” di platform Go Tix yang tersedia baik di aplikasi Go Jek maupun laman go-tix.id, masing-masing Laznas akan menawarkan berbagai pilihan kegiatan yang memudahkan para pengguna untuk menjalankan ibadah kurban. Selain Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah, sejumlah Laznas yang bekerja sama dengan Go Jek pada program “Berkah Iduladha” adalah Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care-LazisNU), Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu), dan Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli).

Vice President Corporate Communications Go Jek Kristy Nelwan melalui siaran resminya mengatakan, sejak tahun lalu pemanfaatan Go Tix dalam kegiatan berkurban selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

“Pemanfaatan inovasi digital untuk pembayaran kurban tidak hanya memudahkan masyarakat dan meningkatkan transparansi, tetapi dapat semakin memberikan dampak sosial yang diperoleh dari potensi ekonomi kurban di Indonesia. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Rumah Zakat, kini kami memperluas kolaborasi dengan BAZNAS, NU Care-LazisNU, Lazismu, dan DT Peduli. Kami percaya dengan kerja sama ini, pengguna dapat terus dimudahkan oleh ekosistem Go Jek, mulai dari transaksi sehari-hari hingga berbuat kebaikan,” ujar Kristy, Selasa (16/07/2019).

Dia menambahkan, beragam pilihan paket berkurban tersedia di Go-Tix, baik dalam aplikasi Go Jek maupun laman go-tix.id. Dalam kolom khusus “Berkah Iduladha” di platform tersebut, pengguna Go Jek dapat memilih mengikuti paket kegiatan yang disediakan tiap laznas, dari Kurban Berdayakan Desa oleh BAZNAS, Rumah Zakat Rayakan Superqurban oleh Rumah Zakat, Nusantara Berkurban oleh NU Care-LazisNU, Qurban untuk Kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Lazismu, atau Qurban ke Pelosok Negeri oleh DT Peduli.

“Khusus pada rentang 11-14 Agustus 2019, pengguna Go Jek dapat mengikuti acara pemotongan hewan kurban atau penyaluran daging kurban yang diselenggarakan para lembaga tersebut diribuan titik di berbagai daerah,” terangnya.

Dengan teknologi Go Tix, tambah Kristy, pengguna dapat memilih untuk mengikuti berbagai pilihan paket kurban yang ditawarkan laznas, dari satu ekor kambing, hingga satu ekor sapi baik secara berjamaah maupun secara individual. Selain itu, pengguna Go Tix dapat mengikuti berbagai kegiatan kurban lainnya cukup dengan Rp5.000 atau pun kelipatannya.

“Teknologi GOJEK memudahkan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan kurban yang diselenggarakan lembaga-lembaga tersebut, mulai dari yang senilai Rp5.000. Apalagi, pembayaran di GO-TIX ditunjang dengan proses transaksi yang cepat dan praktis melalui beberapa pilihan pembayaran, seperti GO-PAY yang dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit, atau transfer,” tambahnya.

Menurut Kristy, tahun ini merupakan tahun ke-empat Rumah Zakat bekerja sama dengan Grup Go Jek melalui Go Tix dan tahun kedua untuk BAZNAS dengan tujuan memfasilitasi pengguna untuk mengakses kegiatan program yang diselenggarakan kedua lembaga tersebut dengan menggunakan Go Tix. Di awal 2019, Grup Go Jek melalui Go Jek dan Go Pay pun menjalin kerja sama strategis dengan Lazismu, Lembaga Amil Zakat Nasional di bawah Pengurus Pusat Muhammadiyah; NU Care-LazisNU, Lembaga Amil Zakat Nasional di bawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama; serta Yayasan Daarut Tauhiid.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya untuk mengakselerasi digitalisasi ekonomi umat, antara lain melalui fasilitasi pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara non-tunai; digitalisasi ekosistem jaringan organisasi, masjid dan sekolah; serta pelatihan GOJEK Wirausaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah binaan masing-masing lembaga tersebut,” papar Kristy.

Data BAZNAS tahun 2018 menyebutkan bahwa potensi ekonomi kurban Indonesia dapat mencapai Rp 60 triliun, yang tidak hanya memberikan dampak bagi kesejahteraan peternak tetapi juga meratanya pendistribusian daging kurban ke masyarakat desa ataupun yang membutuhkan.

“Kami berharap pengguna Go Jek dapat terfasilitasi dalam menjalankan ibadah kurban melalui lembaga-lembaga ini, sehingga mendapatkan keberkahan Hari Raya Idul Adha secara optimal. Kiranya dengan kemudahan serta inovasi yang diberikan, semakin banyak hewan kurban yang dapat dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Sugiarto
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here