Studi Banding Soal Pengelolaan PAD, DPRD Sidoarjo ke DPRD Balikpapan

0
140

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kunjungan kerja dilakukan Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo di DPRD Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Senin (22/07/2019).

Kunjungan para wakil rakyat dari salah satu daerah di Jawa Timur ini bertujuan untuk studi komparatif alias studi banding tentang pengelolaan Pendapatan Asli Daerah alias PAD, seperti PAD yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah maupun pendapatan lain-lain yang sah.

Rombongan DPRD Kabupaten Sidoarjo yang dipimpin Ketua Komisi B, Bambang Pujianto diterima Kepala Bagian (Kabag) Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan, Asgem.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo Bambang Pujianto mengatakan, DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Komisi B yang membidangi keuangan dan ekonomi melakukan kunjungan kerja di DPRD Balikpapan agendanya terkait masalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, maupun pendapatan lain-lain yang sah.

“Dari hasil pertemuan yang dilakukan DPRD Kabupaten Sidoarjo dengan Sekretariat DPRD Kota Balikpapan didapat sejumlah berbagai informasi penting yang nantinya akan diadopsi dan diaplikasikan di Kabupaten Sidoarjo,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, meski APBD Kota Balikpapan lebih kecil dari APBD Kabupaten Sidoarjo, diantaranya PAD kotanya juga lebih kecil, namun pelaksanaan pengelolaan untuk menggali potensi pendapatan daerah sangat luar biasa. Di Sidoarjo, APBD Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp 5 triliun dan PAD sebesar Rp 1,7 triliun.

“Setelah kunjungan yang dilakukan ini, DPRD Kabupaten Sidoarjo juga akan agendakan kunjungan lanjutan yang akan memboyong sejumlah OPD Kabupaten Sidoarjo untuk belajar terkait pengelolaan keuangan daerah, baik pengelolaan pajak daerah, retribusi daerah maupun pendapatan lain-lain yang sah,” tambah Bambang.

Pihaknya berharap, silaturahmi yang dilakukan di DPRD Balikpapan bisa tetap bersambung terus serta tukar pengalaman terkait masalah potensi-potensi dalam hal menggali pendapatan yang sebanyak-banyaknya.

Sementara itu, Kabag Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRD Balikpapan Asgem mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo di DPRD Balikpapan dalam rangka studi komparatif terkait pengelolaan PAD.

“Informasi yang digali semuanya sudah kita sampaikan, seperti pengelolaan PAD maupun lainnya. Kita berharap, apa yang kita sampaikan bisa menjadi petunjuk dan bisa menjadi referensi bagi DPRD Kabupaten Sidoarjo,” kata Asgem.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here