Studi Banding, Tiga Rombongan DPRD Dari Jawa Sambangi DPRD Balikpapan

0
327

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan tampaknya masih menjadi daerah yang patut diperhitungkan dalam pelaksanaan pembangunan maupun kegiatan lainnya dalam pemerintahan.

Hal itu terbukti dengan kedatangan rombongan anggota DPRD dari tiga daerah berbeda di Pulau Jawa, yakni DPRD Kabupaten Klaten Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Bondowoso dan DPRD Kabupaten Ngawi, Jawa Timur di DPRD Balikpapan, Kamis (25/07/2019).

Tiga DPRD dari tiga daerah berbeda ini menyambangi DPRD Balikpapan untuk menggali berbagai informasi penting untuk diterapkan atau diaplikasikan di daerahnya masing-masing.

Penerimaan kunjungan kerja anggota DPRD dari tiga daerah ini dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh bersama Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Thohari Aziz dan Sabaruddin Panrecalle di ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Sejumlah informasi penting digali rombongan para wakil rakyat tiga daerah berbeda di Pulau Jawa ini, diantaranya tentang pembahasan APBD 2019 dan pembahasan KUA PPAS 2020, pengelolaan pariwisata maupun lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso H. Tohari mengatakan, di akhir masa jabatan, anggota DPRD Kabupaten Bondowoso yang tinggal satu bulan ini, melakukan kunjungan kerja di DPRD Balikpapan untuk studi banding tentang pembahasan APBD 2019, yakni APBD Perubahan dan KUA PPAS 2020.

“Jadi, kami dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bondowoso datang ke Balikpapan untuk belajar atau studi banding tentang pembahasan APBD 2019 dan KUA PPAS 2020,” kata Tohari.

Dia menambahkan, dari kunjungan kerja di DPRD Balikpapan ini ada beberapa hal yang ditangkap dan insya Allah akan ditiru bagaimana pengelolaan pariwisata, pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) Balikpapan serta lainnya.

“Insya Allah, hasil dari kunjungan kerja yang kita lakukan ini nantinya akan diaplikasikan di Kabupaten Bondowoso,” tambah Tohari.

Sementara itu, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan rombongan anggota DPRD dari tiga daerah berbeda ini, yang ingin melakukan sharing terkait sejumlah program pembangunan yang sudah dilakukan Kota Balikpapan.

“Frekuensi kunjungan anggota DPRD dari luar Balikpapan saat ini sangat tinggi sekali, baik dari pemerintah kabupaten kota maupun DPRD di luar Kota Balikpapan. Hal itu terjadi karena Balikpapan dilihat dari sudut pandang mereka, kemajuannya sangat besar dan terbukti memang Balikpapan adalah salah satu kota terbersih dan layak di huni,” kata Abdulloh.

Makanya, tambah politisi Partai Golkar Balikpapan ini, mereka ingin membuktikan dan melihat langsung kondisi Balikpapan sebenarnya.

Terkait kondisi kepariwisataan yang ada di Balikpapan, jelas Abdulloh, Balikpapan masih jauh dari cukup. “Makanya kita sepakat untuk menaikkan PAD ya dari potensi pariwisata itu, serta dari usaha kecil menengah, UMKM serta lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here