Tak Berizin, Tiang Penyangga Reklame di BB Dibongkar Satpol PP

0
381

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan, Kalimantan Timur melakukan penertiban pembangunan reklame di kawasan Perumahan Balikpapan Baru, Kamis (25/07/2019).

Penertiban tersebut dilakukan karena pembangunan reklame di sejumlah titik di jalan kawasan perumahan elit ini tidak memiliki izin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, utamanya dari instansi terkait dan melanggar Perda Kota Balikpapan No 8 Tahun 2014 tentang Izin Reklame.

Akibat pelanggaran tersebut, pipa besi yang akan diperuntukkan sebagai pejangga tiang reklame ini dibongkar dengan cara dipotong. Pemotongan pipa berdiameter sekitar 25 centimeter ini terpaksa memanggil tukang las karena peralatan yang yang dimiliki Satpol PP Balikpapan tidak memadai.

Kasatpol PP Balikpapan Zulkipli melalui Kasi Ops Satpol PP Balikpapan Siswanto mengatakan, dikarenakan pembangunan reklame di kawasan Balikpapan Baru (BB) ini tidak memiliki izin, maka pipa besi penyangga tiang reklame kita bongkar dengan cara dipotong.

“Tidak ada izinnya, jadi kita bongkar. Kita tidak tahu siapa yang membangun reklame di kawasan Balikpapan Baru ini,” kata Siswanto saat ditemui kabargupas.com.

Dia menambahkan, jika tetap membandel dan tidak mengindahkan peraturan yang ada, Satpol PP Balikpapan akan bertindak tegas dengan kembali melakukan pembongkaran.

“Kalau dibangun lagi tetap kita bongkar. Karena ini jelas melanggar aturan yang ada, termasuk melakukan perusakan trotoar. Pembangunan reklame di kawasan ini ada delapan titik, empat diantaranya masih berupa galian. Sedangkan empat titik sudah dipasang pipa besi penyangga,” tambah Siswanto.

Pihaknya berharap, warga Balikpapan, khususnya pemilik reklame dalam melakukan pembangunan tetap mengedepankan aturan yang ada, seperti melengkapi izin, maupun persyaratan lainnya agar estetika kota tetap terjaga.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here