Bangunan Tak Sesuai IMB di Wonorejo Dibongkar Satpol PP

0
373

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Jajaran Satpol PP Balikpapan menertibkan sebuah bangunan warga di kawasan Jalan Wonorejo RT 35 Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara (Balut), Rabu (25/07/2019).

Diduga bangunan berupa rumah tinggal dua lantai milik warga bernama Denny Setiawan ini berdiri menyalahi aturan yang sudah ditentukan yakni tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Tidak ada perlawanan dalam pembongkaran yang disaksikan langsung oleh Kasatpol PP Balikpapan Zulkipli beersama sejumlah pejabat Satpol PP Balikpapan. Pemilik bangunan terlihat pasrah melihat bangunan lantai duanya satu persatu dibongkar Satpol PP Balikpapan.

Kabid Penindakan Satpol PP Balikpapan Endang Dwi Kartini melalui Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Balikpapan Yuli Rulita mengatakan, sebagai tindak lanjut dari penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan No 3 tahun 2016 tentang Bangunan Gedung, Satpol PP Balikpapan melakukan penertiban dan pembongkaran bangunan yang tidak sesuai aturan.

“Dikarenakan rumah yang dibangun IMB-nya tidak sesuai, yakni IMB hanya untuk satu lantai, oleh pemiliknya dibangun dua lantai. Pemilik bangunan sudah diberikan teguran berulang kali namun tetap bandel dan tetap melanjutkan pembangunannya. Dengan terpaksa kita bongkar sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Yuli Rulita kepada kabargupas.com.

Sebelumnya, tambah Yuli, sapaan akrab Yuli Rulita, saat mendirikan bangunan pemiliknya sudah memegang IMB, namun izin yang diberikan hanya untuk satu lantai. Seiring waktu berjalan, pemilik melakukan penambahan bangunan yang tidak sesuai IMB menjadi dua lantai. Akibat tidak sesuainya pelaksanaan pembangunan dan melanggar Perda Kota Balikpapan, maka bangunan tambahan tersebut dilakukan pembongkaran.

“Dikarenakan melanggar Perda Kota Balikpapan dalam membangun rumah serta berulang kali diberi teguran, maka IMB yang sebelumnya telah dikeluarkan akhirnya dicabut oleh instansi terkait,” jelas Yuli.

Lebih lanjut, ujar Yuli, penertiban bangunan yang melanggar Perda Kota Balikpapan ini juga dilaksanakan berdasarkan laporan masyarakat yang resah akan maraknya bangunan yang berdiri tidak sesuai IMB.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Balikpapan untuk taat terhadap peraturan yang sudah ditetapkan agar Balikpapan ke depan semakin tertib dan nyaman dihuni.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, utamanya warga Balikpapan untuk tetap taat dan patuh terhadap aturan yang sudah ditentukan agar Balikpapan lebih tertib dan nyaman dihuni,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here