Budiono Minta Pemkot Benahi Pasar Pandansari

0
436

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Semrawutnya Pasar Pandansari di Jalan Pandansari Kecamatan Balikpapan Barat dan Pasar Klandasan di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Balikpapan Kota kembali mendapat sorotan masyarakat.

Tak hanya warga biasa, sorotan akan tidak tertibnya kedua pasar tersebut datangnya dari Wakil Rakyat Kota Minyak dari daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan Barat.

Anggota Komisi 2 DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk melakukan pembenahan terhadap Pasar Pandansari dan Pasar Klandasan.

Hal itu sesuai dengan pandangan fraksi yang disampaikan kepada Kepala Daerah saat rapat paripurna yang digelar beberapa waktu lalu.

“Keberadaan Pasar Pandansari dan Pasar Klandasan ini sudah sangat memprihatinkan, Pasalnya, fasilitas umum (fasum) yang ada di kedua pasar tersebut sudah dipergunakan oleh pedagang untuk berjualan,” ujar Budiono, Kamis (01/08/2019).

Artinya, tambah Budiono, tidak ada lagi tempat parkir yang represtatif sehingga kenyamanan di kedua pasar tersebut sangat minim dan terkesan kumuh.

Lebih lanjut, dirinya melihat sejumlah kendala yang terjadi di lapangan diantaranya adalah akibat dampak dari peristiwa kebakaran. Di Pasar Pandansari Balikpapan Barat misalnya, akibat kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu, penataan pedagangnya sampai sekarang belum ada lagi.

“Pemanfaatkan lahan parkir yang dijadikan tempat penampungan sementara bagi para pedagang yang terdampak kebakaran, juga menjadi salah satu penyebab beralih fungsinya lahan parkir menjadi tempat berjualan. Bahkan, kondisi ini semakin parah karena pedagang menjual barang dagangan di badan jalan,” paparnya.

Akibat keberadaan pedagang yang berjualan di badan jalan, kenyamanan masyarakat yang akan melakukan aktivitas dari dan ke Pasar Pandansari, maupun masyarakat yang melintas di kawasan Pandansari jadi terganggu.

Belum lagi bicara tentang kebersihannya, ungkap politisi PDI Perjuangan ini, kalau kenyamanannya pedagang dan pembeli tidak terakomodir di situ, otomatis kebersihannya juga kurang terjaga. Padahal, Kota Balikpapan sering mendapatkan penghargaan di bidang kebersihan puluhan kali yang diantaranya berupa penghargaan  Wahana Tata Nugraha.

“Balikpapan kan sudah beberapa kali mendapat penghargaan di bidang kebersihan, harusnya penataan pasar tersebut segera dilakukan agar Pasar Pandansari maupun Pasar Klandasan tidak kumuh. Kalau begini kan terkesan ada pembiaran,” pungkasnya.

Penulis : Ipon
Editor : Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here